nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Pentingnya Peran Digital untuk Industri Pariwisata

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 04 Juli 2019 22:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 04 406 2074718 ini-pentingnya-peran-digital-untuk-industri-pariwisata-JB7KLKqjNv.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Zaman yang makin modern dan maju, akhirnya memang seolah memaksa kita untuk melek dunia digital. Sadar betapa besar peran dari dunia digital di kehidupan modern seperti sekarang juga berlaku bagi dunia industri pariwisata.

Istilah kasarnya, jika mau industri pariwisata sukses dan makin berkembang maju di mata dunia, maka industri negara tersebut harus “digital savy”.

Pentingnya peran digital untuk industri pariwisata ini diungkapkan dengan gamblang oleh Arief Yahya, selaku Menteri Pariwisata Republik Indonesia. Arief menyebutkan, sekarang sebagian besar aktivitas manusia menggunakan digital.

 Laki-laki berbaju hitam

“Seberapa penting peran digital ke pariwisata? Jadi sekarang jika dikuantifikasi 70 persen orang-orang itu sudah “search” dan “share” menggunakan digital. Sisanya 30 persen yang belum,” ujar Arief Yahya, saat ditemui Okezone, Kamis (4/7/2019) di Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, Jakarta Pusat.

Arief menambahkan, dengan seiring berjalannya waktu dunia industri pariwisata, termasuk pariwisata Indonesia harus semakin digital savy agar bisa siap menghadapi transformasi era digital 4.0.

Ia mencontohkan di zaman dulu, orang-orang tidak menggunakan handphone. Berbeda dengan zaman sekarang di mana hampir 100 persen orang menggunakan handphone.

“Dunia digital akan sama, digital tourism juga akan sama. Jadi memang tidak ada titik balik. Implementasi salah satunya lewat media sosial, atau seperti tripadvisor dia itu adalah reviewer yang penilian kita sendiri maka pasti laku. Karena yang menciptakan kita sendiri, karena juga percaya,” tandas Menteri Pariwisata asal Banyuwangi ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini