Awas, Paparan Nikotin Rokok Elektrik Bisa Merusak Otak!

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Jum'at 05 Juli 2019 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 04 481 2074659 awas-paparan-nikotin-rokok-elektrik-bisa-merusak-otak-lli2hsf6SO.jpg Paparan nikotin rokok elektrik bisa merusak otak (Foto : Sinclairstoryline)

Rokok elektrik atau vape dewasa ini sudah banyak peminatnya, bahkan seperti sudah menjadi tren di kalangan milenial Ada yang memandang rokok elektrik justru lebih aman dari rokok konvensional. Tetapi benarkah anggapan tersebut?

Namun, New University of California, telah melakukan penelitian yang menunjukan bagaimana kandungan nikotin tinggi dari rokok elektrik dapat membanjiri sel otak dengan senyawa berbahaya. Para peneliti mengatakan temuan mereka harus menjadi peringatan, terutama bagi wanita hamil dan remaja.

infografis rokok elektrik

Menurut penelitian University of California, paparan nikotin dari rokok elektrik bisa memecah sel-sel otak. Meski begitu, kemungkinan yang sama juga berlaku untuk produk nikotin apa pun, tetapi khususnya pengguna vape remaja.

Karena otak remaja masih berkembang dan kerusakan akibat paparan nikotin rokok elektrik dapat membatasi pertumbuhan kognitif mereka seumur hidup. Penelitian tersebut memperingatikan, kandungan nikotin satu rokok elektrik bisa setara dengan satu bungkus rokok

Rokok elektrik mungkin kurang karsinogenik daripada rokok konvensional. Ilmuan yang meneliti hal ini berpendapat, rokok elektrik lebih aman, Namun 'Lebih Aman' tidak sama dengan 'Aman'.

"Pengaruh nikotin dapat menyebabkan perubahan abnormal pada mereka, dan bisa membunuh mitokondria serta sel-sel induk pada otak. Jika kecanduan nikotin terus berlanjut, sel-sel induk saraf menjadi rusak dan akhirnya bisa mati sebelum mereka berubah menjadi sel-sel otak yang lengkap," jelas Dr Atena Zahedi selaku penulis utama penelitian UC Riverside. 

rokok elektrik tak sehat

Artinya, paparan nikotin selama perkembangan prenatal atau remaja dapat memengaruhi otak dalam berbagai cara. Tapi yang pasti, paparan nikotin dari rokok elektrik dalam penelitian tersebut dapat merusak daya ingat, pembelajaran, dan kognisi.

Lebih jauh lagi, ketergantungan pada nikotin di usia remaja adalah masalah yang mendesak. Perlu ditekankan bahwa nikotinlah yang merusak sel-sel induk saraf dan mitokondria mereka. Kita harus khawatir tentang ini, mengingat nikotin sekarang banyak tersedia pada rokok elektrik maupun konvensional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini