nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Proses Operasi Plastik Kelopak Mata yang Sering Dilakoni Artis Korea

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 05 Juli 2019 08:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 04 611 2074769 begini-proses-operasi-plastik-kelopak-mata-yang-sering-dilakoni-artis-korea-gkFSqYiLdM.jpg Operasi plastik kelopak mata (Foto: Koreaboo)

OPERASI plastik memang jadi salah satu cara instan untuk bisa mendapatkan penampilan visual diri yang diinginkan. Salah satu jenis operasi plastik yang populer dilakoni adalah operasi kelopak mata, atau biasa disebut double-eyelid dengan nama medis blepharoplasty.

Operasi plastik kelopak mata ini disebutkan sudah jadi hal biasa di Korea Selatan, Taiwan dan negara-negara Asia Timur lainnya. Ide dari operasi plastik satu ini adalah menampilkan tampilan mata “monolid” menjadi “double-lid” atau dengan kata lain dari yang tidak ada kelopak matanya menjadi ada lipatan kelopak mata.

Tindak operasi kelopak mata, jadi prosedur yang begitu banyak dilakoni orang-orang di Korea Selatan termasuk para selebriti. Sebut saja contohnya mulai dari Kyuhyun Super Junior dan Goo Hara dari girlgroup KARA, aktris Min Hyo Rin, hingga Park Hyo Sin.

Disebutkan lebih lanjut, satu klinik di Korea Selatan melaporkan pada 2015 mereka melakukan tindak operasi kelopak mata ini lebih dari 10ribu kali! Dilakukan oleh begitu banyak orang, jadi penasaran kan, seperti apa sih proses yang harus dilalui ketika melakoni operasi plastik kelopak mata ini?

 operasi kelopak mata

Seperti dilansir Koreaboo, Jumat (5/7/2019) tahap pertama yang harus dilakukan oleh orang yang hendak melakukan operasi ini adalah pergi mendatangi ahli spesialis untuk mendiskusikan seperti apa hasil tampilan desain mata nantinya. Tahapan ini sangat penting, mengingat semua orang memiliki sepasang mata yang berbeda dan ekspektasi yang berbeda pula ketika menjalani operasi plastik.

Langkah selanjutnya adalah pasien harus dibius. Pada titik ini, kelopak mata pasien akan dibalik untuk mengukur lipatan yang ideal. Kemudian kelopak mata dibalik kembali dan desain akan ditempatkan pada mata. Setelah desain telah ditarik pasien akan menerima anestesi lokal. Di tahapan ini, tergantung pada dokter, apakah efek obat penenang pada pasien mungkin luntur saat itu juga atau malah akan tidur selama prosedur dijalankan.

 operasi plastik

Setelah obat bius dimasukkan, kemudian dokter dengan hati-hati melacak desain mereka dengan sebuah pisau bedah dan melenyapkan pada kulit dari area tersebut. Berikutnya dokter akan menghapus setiap lemak dan jaringan berlebih di kulit.

Pada titik operasi plastik ini, dokter akan menyertakan kulit dan otot kelopak mata dengan jahitan untuk menciptakan sebuah crease (lipitan kerutan). Dengan dilakukannya jahitan akhir ini, voila! Maka proses operasi plastik kelopak mata yang biasanya memakan waktu 30 menit hingga satu jam ini bisa dibilang selesai. Kemudian, pasien dapat segera membuka mata.

Sebagai efek samping, pastinya mata pasien akan menampilkan efek bengkak hingga memar. Inilah mengapa penting bagi pasien untuk menjaga area di sekitar mata untuk tetap steril, bersih, tidak terinfeksi dan mengaplikasikan es batu untuk membantu mengurangi dampak bengkak.

Sekitar lima hingga tujuh hari setelah operasi, jahitan baru bisa dilepas. Barulah setelah dua sampai empat pekan jahitan dilepas, tampilan memar dan bengkak akan menghilang dan tampilan mata pasien akan kembali terlihat natural.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini