nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wujud Asli Kuntilanak Menurut Penerawangan Furi Harun, Cantik atau Buruk Rupa?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 04 Juli 2019 22:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 04 612 2074767 wujud-asli-kuntilanak-menurut-penerawangan-furi-harun-cantik-atau-buruk-rupa-p5o5PwT0fo.jpg Furi Harun gambarkan wujud asli kuntilanak (Foto : Scififantasyfiction)

Salah satu hantu perempuan yang paling terkenal di Indonesia ialah kuntilanak. Sosok kuntilanak banyak didefinisikan sebagai hantu cantik dengan rambut panjang terurai dan memiliki suara ketawa khas.

Keberadaan kuntilanak tak jauh berbeda dengan hantu-hantu lain, yaitu di area yang gelap, lembap, dan tentunya jarang dikunjungi atau dilewati manusia. Lokasi semacam itu memang sangat memungkinkan menjadi tempat bersemayam hantu, bahkan jin sekali pun.

Terlepas dari karakter kuntilanak yang selama ini digambarkan film-film, Okezone coba memastikan langsung seperti apa wujud asli kuntilanak tersebut. Dalam kesempatan ini, Okezone meminta bantuan pada perempuan indigo Furi Harun untuk menerawang dan melihat langsung seperti apa wujud kuntilanak tersebut. Penasaran?

Kuntilanak seram

Ciri khas pertama yang diterangkan Furi Harun ialah kuntilanak tak memiliki bola mata. Jadi, penampilan matanya hitam kosong dan ini sangat menyeramkan.

Furi Harun

Kenapa akhirnya kuntilanak tak memiliki mata, Furi menjelaskan kalau itu berkaitan dengan proses kematian sosok di balik hantu tersebut. Furi coba menjelaskan siapa saja yang bisa menjadi kuntilanak setelah dia meninggal; Pertama ialah pelaku bunuh diri, lalu korban pemerkosaan dan pembunuhan, dan yang terakhit ialah ibu hamil yang meninggal dunia.

"Untuk kelompok ketiga, biasanya dia akan jadi kuntilanak karena ada pekerjaan rumah yang dia rasa belum selesai dia kerjakan semasa hidup. Hal ini yang membuat dia gentayangan dan menjadi kuntilanak," terang Furi langsung pada Okezone, belum lama ini.

Selanjutnya, ciri khas kuntilanak menurut Furi, dia mengambil contoh dari Kuntilanak Mursinah Kota Tua, ialah rambutnya panjang sampai ke tanah. Penampilan seperti itu karena kuntilanak ini adalah hantu yang hidupnya di tahun 1800+. Berbeda dengan kuntilanak zaman now!

"Kalau kuntilanak sekarang, biasanya rambutnya itu sebokong saja, nggak sampai panjang menyentuh tanah," tambahnya.

hantu perempuan

Tidak hanya panjang menjuntai ke tanah, kondisi rambut kuntilanak juga sangat berantakan. Jadi, kalau ada yang mengatakan kalau kuntilanak itu rambutnya tersisir rapi, itu salah besar!

Kemudian, wujud asli kuntilanak ialah hantu ini mengenakan pakaian putih panjang menerawang. Namun, putihnya ini bukan putih bersih, melainkan putih lusuh. Sebab, di bajunya itu banyak darah dan tanah.

Terkait dengan baju putih, Furi menjelaskan kalau hanya itu pakaian kuntilanak. Kalau misalnya ada yang menyatakan kuntilanak pakai baju adat atau selain putih, itu juga keliru. "Kuntilanak itu trend-nya, ya, memang pakai baju putih," terangnya.

Sementara itu, Okezone coba mengonfirmasi pada Furi terkait dengan apakah kuntilanak itu ada yang cantik? Atau semua kuntilanak itu memiliki wajah menyeramkan?

Furi menjawab kalau tidak ada satu pun kuntilanak yang cantik. Semuanya menyeramkan! Kalau pun ada hantu yang cantik, itu biasanya spirit. Keberadaan mereka ini biasanya ada di tempat melukat atau melarung. "Mau tau spirit yang aku maksud? Ibu Kanjeng Ratu," kata Furi berbisik.

Nyi Roro Kidul

Kecantikan yang dimiliki Ibu Kanjeng Ratu jika diibaratkan perempuan zaman now, sambung Furi, adalah perempuan yang melakukan perawatan tubuh sangat mahal. Kulitnya mulus, tubuhnya ramping, sempurna lah. Tapi, yang mesti ditegaskan di sini, wajahnya sangat khas perempuan Indonesia.

"Jadi aku kurang suka kalau ada lukisan Ibu yang ditampilkan terlalu bule. Wajah Ibu tak seperti itu, tapi saya juga sadar, itu adalah imajinasi si pelukis," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini