Strategi Iriana Jokowi Kenalkan Kain Batik Pada Istri Presiden Argentina

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 05 Juli 2019 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 05 194 2074870 strategi-iriana-jokowi-kenalkan-kain-batik-pada-istri-presiden-argentina-r9kZK7K9D5.jpg Iriana Kenalkan Batik ke Istri Presiden Argentina (Foto: Instagram)

BANYAK cara yang bisa dilakukan untuk memperkenalkan kekayaan Indonesia, salah satunya adalah batik. Misalnya seperti yang dilakukan Iriana Jokowi pada istri presiden Argentina, Madame Juliana Awada.

Kain wastra itu menjadi ciri khas Indonesia dan tak bisa dipungkiri bule menyukainya. Hal itu tentunya diketahui Iriana dan karena alasan tersebut, dia pun tak ragu menunjukan salah satu kain batik yang dia miliki dan memakaikannya pada Madame Juliana.

Momen tersebut terjadi belum lama ini, tepatnya Juni 2019. Kala itu Presiden Argentina Muricio Macri datang ke Indonesia dalam agenda kunjungan kerja dan pembahasan kerjasama ekonomi di antara dua negara.

Saat itu Iriana mengenakan baju kurung berwarna ungu neon dipadukan dengan kain batik tradisional berwarna gelap. Selendang batik pun tak lepas dari lengan dan setengah melingkari tubuhnya. Bros besar disematkan di bagian kerahnya. Citra seperti ini menjadi kekhasan perempuan Indonesia. Terlebih sanggulan rambutnya yang tertata rapi.

So, bagaimana momen mempromosikan batik tersebut?

Iriana Jokowi Menerima Presiden Argentina dan Istri

Jika dilihat dari foto yang dibagikan akun Instagram @jojo_ismyname Iriana memperlihatkan koleksi kain batik yang ada di Istana Kepresidenan. Dua kain wastra dipilihnya untuk kemudian dipasangkan di tubuh Madame Juliana.

Kain tersebut terlihat tradisional namun ada rasa modern-nya, dilihat dari warna yang cenderung cerah dan kombinasi motif yang cantik.

Kain pertama dipasangkan sebagai outer atau cardigan. Styling yang dilakukan pun tak sebatas menempelkan kain di bagian tubuh atas. Iriana sepertinya mencoba memainkan kain itu dengan teknik ikat bagian belakang.

Jadi, kain disematkan di tubuh bagian atas, kemudian ujung kedua sisinya diikat di bagian belakang, sehingga tercipta gaya pakaian ala cardigan atau outer yang modern.

Selanjutnya, bagian rok. Tak ingin terlihat biasa, Iriana memasangkan rok tersebut dengan teknik modern. Ya, lagi-lagi kesan kekinian coba dia tunjukan untuk menghilangkan 'image' kuno dari kain itu sendiri.

Teknik yang dia pakai untuk rok ialah tehnik ikat samping dengan kesan asimetris-side. Gaya seperti itu pun terlihat sangat cocok di tubuh Madame Juliana. Dia pun tampak cukup bahagia mengenakan kain tersebut dan langsung terlihat cantik seperti perempuan Indonesia.

Jadi, siapa yang setuju penampilan Iriana Jokowi dan Madame Juliana di momen itu terlihat sangat ayu?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini