nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mencicipi Lezatnya Makanan Tradisional Suku Aborigin di Taiwan

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 05 Juli 2019 20:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 05 298 2075180 mencicipi-lezatnya-makanan-tradisional-suku-aborigin-di-taiwan-9d4nghvTcp.jpeg Makanan Tradisional khas Taiwan (Foto: Tiara/Okezone)

MENYANTAP makanan tradisional di suatu daerah bisa menjadi salah satu pengalaman yang menyenangkan. Terlebih bagi mereka yang senang wisata kuliner dan doyan mencicipi beraneka ragam makanan. Tak jarang rasa makanan yang mungkin berbeda dengan makanan yang dikonsumsi sehari-hari memberikan kesan tersendiri.

Apabila Anda berkunjung ke Taiwan, cobalah mampir ke Kota Taitung. Di sana ada sebuah restoran yang menyajikan makanan tradisional dari suku Aborigin. Restoran tersebut bernama Mibanai (米巴奈山地美食坊).

Berlokasi di Chuanguang Road No. 470, Taitung City, Taitung County, restoran ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan yang penasaran dengan rasa makanan tradisional. Satu hal yang perlu menjadi catatan, suku Aborigin di Taitung berbeda dengan suku Aborigin yang ada di Australia. Dengan demikian, menu makanan yang disajikan juga berbeda.

 Restaurant di Taiwan

Belum lama ini Okezone bersama rombongan Taiwan Familiaritazion Tour for Indonesian KOL & Media mendapatkan kesempatan untuk makan di sana. Sesampainya di restauran, dari luar terlihat arsitektur yang unik. Begitu masuk, ada yang tak kalah menarik yaitu para pramusaji yang mengenakan pakaian tradisional.

Dari sisi desain interior tidak ada sesuatu yang spesial. Dinding dan keramiknya tampak seperti restoran biasa. Hanya saja meja dan kursinya disusun dengan konsep round table yang bisa menampung hingga 12 orang.

 Olahan tebu

Ada beberapa pilihan makanan tradisional Taiwan di di restoran ini. Semuanya disajikan dalam bentuk set menu dimana beberapa makanan disajikan secara bergantian. Makanan pertama yang datang adalah makanan berkuah gānzhè xin yang merupakan olahan tebu dimasak dengan jamur, daun bawang, bawang putih, dan cabai. Rasa kuahnya cukup gurih dan didominasi oleh bawang putih.

Selanjutnya ada shān jiāng ròu atau daging rusa gunung yang dimasak dengan cara ditumis, hampir mirip seperti teriyaki. Dalam tumisan ada bahan lain berupa daun bawang, cabai, dan tebu muda. Tekstur dagingnya terbilang empuk dan rasanya meresap hingga ke dalam.

 Daging rusa gunung

Menu yang tak kalah enak adalah nǎi kǎo yóuyú atau cumi panggang susu. Cumi disajikan dengan bentuk melebar. Cita rasanya manis dan tingkat kekenyalannya pas.

Bunga pinang

Kemudian ada bīnláng huā atau bunga pinang yang mirip dengan salad. Bedanya makanan ini berkuah walaupun hanya sedikit dan diberikan tambahan sayur hijau. Tekstur makanan ini crunchy sehingga memberikan sensasi tersendiri di mulut.

Untuk makanan berkuah yang sebenarnya ada shūcài tāng dan hóng dòufu. Shūcài tāng adalah sup sayuran yang terdiri dari banyak bahan seperti bunga pinang, jagung muda, potongan tahu putih, ubi, jamur, tomat, dan sawi. Untuk memakannya, tamu harus lebih dahulu merebus bahan sendiri dengan kuah bercita rasa gurih yang khas di lidah.

 Sup tahu tiara/Okezone

Sedangkan hóng dòufu bisa disebut sebagai sup tahu. Namun yang membedakan adalah kuahnya yang berwarna merah. Tahu di sup ini teksturnya sangat lembut. Tekstur kuahnya pun cukup kental namun cita rasanya kurang berasa di lidah.

Makanan berwarna merah selanjutnya adalah kǎo tu jī atau ayam kampung panggang. Makanan ini disajikan dengan kuah khusus yang rasanya sedikit menyengat tapi masih diterima lidah. Ada pula beberapa menu lain seperti sayuran hijau liar seperti bayam, nasi ketan campur ubi, manisan bunga rosella, dan irisan timun yang disiram kuah serta ditaburi kacang almond.

 Tiara/Okezone

Sebagai Informasi tambahan, menu makanan tradisional di restoran ini bisa dikonsumsi oleh umat Muslim karena halal. Bila kurang yakin bisa menanyakannya kepada pihak restoran atau informasikan jika memilih set menu yang tidak mengandung pork. Di restoran ini pengunjung yang hendak salat juga disiapkan tempat walaupun belum begitu memadai.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini