nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Parno Ada Kamera Tersembunyi di Hotel? Ini 4 Tips Mencarinya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 05 Juli 2019 09:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 05 406 2074899 parno-ada-kamera-tersembunyi-di-hotel-ini-4-tips-mencarinya-Q8HGXJUMqE.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BEBERAPA waktu lalu, sejumlah tempat penginapan terpaksa berurusan dengan pihak berwajib setelah tertangkap basah memasang kamera tersembunyi. Belum diketahui secara pasti apa alasan mereka melakukan tindakan tersebut, namun kejadian ini terus berulang hingga membuat para wisatawan merasa risih.

Perlu diketahui bahwa kamera tersembunyi biasanya diletakkan di lokasi-lokasi yang mungkin tidak pernah Anda sadari. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut Okezone rangkumkan tips mendeteksi kamera tersembunyi menurut sejumlah pakar keamanan, sebagaimana dilansir dari Huffington Post, Jumat (5/7/2019).

Perhatikan tempat-tempat yang tidak biasa

Menurut penuturan, Jack Plaxe selaku pendiri dan direktur Security Consulting Alliance di Kentucky, hal pertama yang harus dilakukan saat mendatangi hotel atau penginapan lainnya adalah mengecek tempat-tempat yang tidak biasa.

"Jika seseorang mencoba merekamku, di mana mereka akan meletakkan kamera untuk mendapat gambar sesuai keinginan mereka? Bisa jadi mereka meletakkan kamera tersembunyi di atas pendeteksi asap, atau di tempat lain yang terlihat tidak biasa,” tuturnya.

   Nyalakanlah korek di beberapa tempat yang mencurigakan, kemudian perhatikan secara seksama

Nyalakan korek untuk menemukan bayangan lensa

Cara paling mudah untuk mendeteksi kamera tersembunyi adalah dengan nyalakan lampu di kamar, dan menggunakan korek api. Nyalakanlah korek di beberapa tempat yang mencurigakan, kemudian perhatikan secara seksama bayangan lensa yang terpantul dari api di korek Anda.

"Kamera memiliki lensa seperti kaca. Perhatikan benda-benda elektronik seperti televisi dan jam weker yang ada di sebelah ranjang. Biasanya akan ada pantulan titik tak biasa di permukaannya, itu bisa jadi tanda adanya kamera tersembunyi," kata Andrew Barker, salah seorang wisatawan yang pernah menjadi korban pengintaian.

Perhatikan jaringan internet seperti wi-fi

Barker mengatakan, setiap hotel atau guest house biasanya menggunakan jaringan tertentu untuk mengaktifkan kamera tersembunyi. Oleh karena itu, selalu waspada bila melihat jaringan wi-fi yang terdeteksi pada ponsel atau laptop Anda.

"Jika melihat ada sesuatu yang lain di sana (jaringan wifi), itu bisa jadi indikasi adanya kamera tersembunyi. Namun, tidak semua kamera tersembunyi memiliki alamat IP atau terhubung dengan wi-fi. Yang perlu diperhatikan, beberapa kamera bisa disembunyikan ke dalam sebuah SIM card yang disematkan dalam alat khusus," jelasnya.

 Jarak pandang kamera pengintai biasanya tidak dapat menembus benda-benda tersebut.

Tutupi objek mencurigakan dan matikan aliran listrik

Jika Anda merasa sedang dimata-matai, tapi tidak dapat memastikannya. Cara paling sederhana dan termudah adalah dengan menutupi objek yang mencurigakan. Gunakanlah handuk, baju, atau kain berwarna gelap. Jarak pandang kamera pengintai biasanya tidak dapat menembus benda-benda tersebut.

“Bisa juga dengan mematikan aliran listrik, karena biasanya kamera tersembunyi harus dicolokkan pada terminal listrik supaya bisa beroperasi,” kata Plaxe.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini