nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sembarangan Buka Pintu Darurat Pesawat, Penumpang Asal Cina Langsung Digiring Polisi

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 05 Juli 2019 23:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 05 406 2075243 sembarangan-buka-pintu-darurat-pesawat-penumpang-asal-cina-langsung-digiring-polisi-wu28vEkCcB.jpg Pintu pesawat (Foto: Shanghaiist)

MENGGUNAKAN alat transportasi publik, khususnya pesawat sudah sepatutnya kita mengetahui memahami dan menaati peraturan yang berlaku.

Sebab, peraturan tersebut sepatutnya memang diberlakukan salah satunya dengan alasan pertimbangan soal keamanan. Maka dari itu, kita tidak boleh bertingkah laku sembarangan. Tapi hal ini sepertinya tidak berlaku bagi seorang turis asal Cina, saat berpergian dengan pesawat.

Sebagaimana dilapor Shanghaiist, Jumat (6/7/2019) seorang pria asal Cina terpaksa diturunkan dari pesawat digiring oleh polisi Bangkok. Ia diturunkan dari pesawat Lion Air Thailand yang semestinya ia tumpangi, dengan rute penerbangan nomor SL940 dari bandar udara Don Mueang ke bandar udara Wuhan, Hubei.

Pintu emergensi

Bagaimana tidak digiring oleh polisi setempat? Pasalnya, menurut laporan Apple Daily, pria tersebut dengan asal membuka pintu darurat pesawat (emergency exit).

Akibat aksi nekatnya tersebut, ratusan penumpang lainnya menjadi terkejut karena suara pintu yang begitu kencang, dan langsung meneriaki pria Cina tersebut sehingga membuat para awak kabin langsung memeriksa tempat kejadian.

Akibat adanya insiden ini, pesawat yang awalnya dijadwalkan berangkat pada pukul 6. 55 PM waktu setempat akhirnya mengalami keterlambatan dan baru bisa take-off di pukul 8.47 PM.

Seorang saksi mengatakan, pria tersebut tampak ketakutan dan langsung tidak berhenti meminta maaf kepada para awak kabin. Dirinya beralasan bahwa ia tidak mengetahui jika sebetulnya pintu darurat tersebut tidak diperkenankan untuk dibuka.

Namun usaha minta maaf ini tetap sia-sia, sebab pada akhirnya pria Cina tersebut tetap digiring turun dari pesawat oleh para polisi setempat bersama dengan koper yang ia bawa.

Sementara itu, terkait dengan kejadian ini. Hingga berita ini dilansir, pihak Lion Air Thailand disebutkan masih menolak untuk berkomentar. Selain itu juga tidak ada laporan lebih lanjut mengenai apa yang terjadi selanjutnya pada pria tersebut setelah digiring oleh petugas polisi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini