nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ungkapan Sedih Anak Sutopo Purwo Nugroho: Telah Pulang Pahlawan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 07 Juli 2019 11:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 07 196 2075657 ungkapan-sedih-anak-sutopo-purwo-nugroho-telah-pulang-pahlawan-58syNZLhVd.jpg Potret keluarga Sutopo (Foto: ivanka_rizaldy/Instagram)

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengembuskan napas terakhir, Minggu dini hari sekitar pukul 02.00 waktu Guangzhou, China. Meninggalnya sosok Sutopo jadi duka mendalam untuk Indonesia.

Almarhum Sutopo diketahui melawan kanker paru-paru stadium 4B sejak Desember 2017, itu berarti dia berjuang melawan penyakitnya sekitar 19 bulan lamanya. Bukan waktu yang pendek, terlebih setiap harinya akan selalu ada rasa sakit yang muncul.

Kabar meninggalnya Sutopo menyeruak ke publik setelah pesan berantai di whatsapp muncul. Selain itu, tagar #SelamatJalanPakSutopo sudah mulai ramai di Twitter sejak dini hari. Berdasar pantauan Okezone di lini media sosial, cuitan itu kini jadi trending topic!

 

Terlepas dari hal tersebut, sosok keluarga Sutopo jarang sekali ter-publish. Akun media sosial Sutopo pun jarang memerlihatkan potret keluarganya.

Menurut informasi yang Okezone dapatkan, Sutopo memiliki 2 orang anak dari istrinya yang bernama Retno Utami Yulianingsih. Dua anak tersebut bernama Muhammad Ivanka Rivaldy Nugroho dan Muhammad Aufa Wikantyasa Nugroho.

Akun Instagram anak sulung Sutopo, @ivanka_rizaldy pun ramai ucapan bela sungkawa. Ivanka sendiri membagikan foto kenangan dia bersama sang ayah. Di foto itu, Sutopo mengenakan kemeja ungu polos dengan celana bahan hitam. Terlukis senyum tipis di wajahnya. Ivanka sendiri mengenakan kemeja kotak-kotak merah, berdiri di samping ibunya.

 Keluarga

Dalam postingan tersebut, Ivanka menuliskan caption terkait kabar duka ayahnya. Jika dibaca dari kalimat tersebut, Ivanka sangat tegar dan tak menunjukkan kesedihan yang teramat, karena dia tahu ikhlas adalah cara terbaik dan ayahnya memang sosok yang luar biasa.

"Innalillahi wainna ilaihiro'jiun. Semua yang bernyawa hanyalah titipan dari Allah Yang Maha Kuasa.

 

Malam ini telah berpulang ke Rahmatullah seorang pahlawan dan ayahanda tercinta saya, Sutopo Purwo Nugroho, saat menjalani pengobatan di Guangzhou, China.

 

Bagi semua sahabat dan keluarga mohon sebesar-besarnya untuk memaafkan semua kesalahan Pak Sutopo, sengaja mau pun yang tidak disengaja. Mari mendoakan Almarhum Pak Sutopo agar selalu diterima di sisi-Nya dan diterima amal ibadahnya. Amin.

 

Terima kasih atas semua yang kau berikan, Pah. Aku akan selalu mendoakanmu," tulis putra sulung Sutopo itu.

Di foto lain, Ivanka juga sempat membagikan foto dirinya dan sang ayah yang sedang duduk di kursi roda. Dalam keterangan lokasi, Sutopo sempat dirawat di RSPAD Rumah Sakit Angkatan Darat Jakarta Pusat.

Foto hitam putih itu lagi-lagi memerlihatkan wajah Sutopo yang masih bisa tersenyum. Meski tangan diinfus, duduk di kursi roda, dan mengenakan baju pasien, dia tetap memberikan energi positif untuk semua orang.

 Keluarga

Di momen itu, Ivanka menjelaskan kalau keluarga adalah rumah yang paling dia rindukan. Mau sejauh apa pun Anda pergi menuntut ilmu, tapi keluarga adalah hal yang akan Anda rindukan tanpa alasan.

"Keluarga,

satu-satunya alasan untuk pulang mengisi libur panjang penuh kekosongan. Karena, apalah guna merantau mencari ilmu jika tak bertemu dengan yang selalu ada.

 

Hanya keluarga.

Bukan Jakarta.

Bukan teman lama,

Yang pergi entah kemana

Melupakan jasa dan tawa.

Itu saja," tulis Ivanka dalam caption.

Semoga Sutopo kembali ke sisi Allah SWT dengan kondisi terbaik dan segala amal ibadahnya diterima Allah SWT. Amin. #SelamatJalanPakSutopo

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini