nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Satu Pabrik dengan Titanic, Seperti Ini Mewahnya Kapal Eksekutif Merak-Bakauheni KMP Portlink 00

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 07 Juli 2019 22:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 07 406 2075787 satu-pabrik-dengan-titanic-seperti-ini-mewahnya-kapal-eksekutif-merak-bakauheni-kmp-portlink-00-SEFY0RXHBC.jpeg KMP Portlink 00 di Pelabuhan Merak (Foto: Dimas Andhika/Okezone)

Masyarakat semakin dimanjakan dengan pilihan terbaru dalam melakukan penyeberangan menggunakan kapal dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera. Hal ini tidak terlepas dari upaya pemerintah melalui Kementerian Pariwisata untuk terus membenahi aksesbilitas pariwisata.

Kehadiran Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak-Bakauheni menjadi satu dari sekian banyak contoh kerja nyata pemerintah dalam mengembangkan infrastruktur dalam negeri. Dermaga ini juga didukung oleh armada kapal dengan segudang fasilitas mewah yang akan memanjakan para penumpang.

 Kapal laut

Belum lama ini, Okezone berkesempatan menjajal langsung KMP Portlink 00 dengan rute penyeberangan Merak-Bakauheni dan sebaliknya.

Pelayanan yang ramah

Ada pemandangan menarik saat Okezone hendak memasuki ke kapal. Penumpang akan melewati garbarata seperti sedang memasuki pesawat terbang. Di depan pintu masuk kapal, sejumlah pramugari cantik telah siap menyambut kedatangan penumpang.

Mereka juga dengan ramahnya menunjukkan beberapa area yang bisa disambangi penumpang selama pelayaran berlangsung. Para pramugari kapal pun selalu siap sedia bila penumpang membutuhkan informasi tertentu.

 Kapal laut

Pilihan kelas yang beragam

Memasuki bagian dalam kapal, penumpang langsung disambut oleh desain interior yang mewah. Sebetulnya ada beberapa kelas ruangan yang disediakan oleh pihak ASDP.

Di lantai dasar kapal terdapat ratusan kursi kulit empuk berwarna hitam, serta beberapa area menarik lainnya, seperti food court, cafe, ruangan bermain anak, musholla, bioskop, dan kursi di bagian luar dek kapal untuk bersantai.

Tidak seperti kapal reguler, cafe dan food court di KMP Portlink 00 ini terbilang rapi, bersih, dan dilengkapi pendingin ruangan. Penumpang pun dapat memesan dan menikmati makanan mereka secara nyaman.

 Kapal laut

Beranjak ke lantai atas, di sini terdapat ruang tunggu dan lounge dengan fasilitas yang lebih mewah. Desain interiornya memang tampak lebih elegan dengan dominasi warna natural. Penambahan lampu-lampu kuning temaram juga semakin menghangatkan suasana.

Tidak hanya itu, ruangan ini juga dilengkapi jendela-jendela besar berkaca transparan. Tujuannya agar para penumpang bisa menikmati langsung keindahan hamparan air laut nan biru dari kursi mereka.

Menurut penuturan Yaya Abdul Malik, Manajer Layanan Pelanggan ASDP, untuk saat ini, para penumpang bebas memilih ruangan apa saja, yang penting merek telah membeli tiket kapal senilai Rp50 ribu untuk orang dewasa, dan Rp34 ribu untuk anak-anak.

"Semua ruangannya gratis karena kami memang masih evaluasi. Kalau mau duduk di ruangan bagian bawah kapal silakan, mau di atas juga bisa. Cepat-cepatan saja. Tapi ke depannya akan dikenakan biaya," tutur Yaya kepada Okezone di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Jumat 5 Juli 2019.

Satu pabrik dengan kapal Titanic

Sebelum dibeli oleh PT ASDP Indonesia Ferry, Kapal Portlink 00 dulunya melayani penumpang di lintasan Belfast, Irlandia Utara - Stranraer, Skotlandia.

"Lokasi pembuatannya sama dengan Kapal Titanic. Dibuat di Irlandia," kata Yaya

Kapal tersebut berukuran panjang keseluruhan (Loa) = 131.8 meter, panjang antara garis tegak (Lpp) = 121.51 meter, lebar 21 meter dan draft 5,02 meter.

 Kapal laut

Desain awal kapal ini mampu mengangkut 1.154 penumpang, 309 mobil dan 62 truk (panjang 12 meter). Namun setelah dimodifikasi pada bagian interiornya, kapasitas penumpang menurun berkisar 626-800 orang.

Sementara untuk kecepatannya sendiri, KMP Portlink 00 berkecepatan maksimal 19 knot atau sekitar 36 kilometer per jam. Nah, bila dibandingkan dengan KMP reguler, kapal portlink hanya membutuhkn waktu kurang lebih 1 jam 20 menit untuk melakukan penyeberangan dari Merak-Bakauheni dan sebaliknya.

 Kapal laut

"20 menit itu waktu yang dibutuhkan untuk olah gerak seperti mengeluarkan kapal dari dermaga. Kalau pakai yang regular kan perjalanan bisa lebih dari 3 jam," ujar Yaya.

Hingga saat ini, kapal Portlink yang beroperasi di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak-Bakauheni berjumlah 4 armada.

Cocok untuk jadi kapal wisata

Melihat fasilitas yang disuguhkan KMP Portlink 00, kapal ini bisa jadi salah satu alternatif terbaru bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi berlayar sembari menikmati pemandangan indah yang ada di sekitarnya.

Jangan salah, setelah sampai di Lampung, Anda juga dapat mengeksplorasi beragam destinasi wisata yang tidak kalah serunya.

 Penumpang kapal

Nah, bagi yang ingin mendapatkan pengalaman berlayar yang berbeda, Yaya menganjurkan untuk mengambil jadwal keberangkatan pada pukul 16.00 WIB. Pasalnya, pada jadwal itulah wisatawan bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang spektakuler.

"Sembari menunggu momen sunset, penumpang juga bisa melihat pulau-pulau yang dilewati kapal, seperti Pulau Merak Besar dan Pulau Sangiang. Nanti lihat sunsetnya dari anjungan kapal, karena sangat indah," jelas Yaya

"Bahkan banyak wisatawan yang mention hasil jepretan mereka ke instagram kami. Hasilnya memang sangat bagus," tutupnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini