nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menyapa Senja Jakarta di Atas Kapal Phinisi

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 08 Juli 2019 15:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 08 406 2076114 mnc-travel-dan-jakarta-phinisi-luncurkan-paket-berlayar-menarik-untuk-milenial-traveler-imgZzgBLK1.jpeg Jakarta Phinisi (Foto: Dimas Andhika/Okezone)

Siang itu, langit Jakarta terlihat sangat cerah meski sinar matahari terasa begitu menyengat. Hembusan angin semilir sejuk menjadi satu-satunya sahabat terbaik di tengah cuaca panas ibu kota.

Tepat pukul 15.00 siang, rombongan MNC Media tiba di dermaga Baywalk Mall, Pluit, Jakarta Utara. Kami memenuhi undangan Trizara Group untuk menjelajahi perairan di sekitar Kepulauan Seribu.

Perjalanan kali ini begitu spesial karena menggunakan kapal pinisi hasil karya anak bangsa. Kapal tersebut diketahui bernama De Sartika.

 Kapal Pinisi

Sebelum naik ke atas kapal, kami dijemput taksi laut berupa kapal "getek" berkapasitas 16 orang. Rombongan kami memang harus menaiki kapal bertenaga mesin ini mengingat lokasi kapal pinisi berada agak jauh dari bibir pantai.

Dari kejauhan, sebuah kapal kayu tampak terparkir kokoh di tengah laut. Interior luarnya didominasi warna putih dengan sentuhan garis biru tua yang semakin mempercantik penampilannya.

Sesampainya di kapal, rombongan langsung disambut senyuman ramah awak kapal yang sudah menunggu kedatangan kami. Sejumlah hidangan lezat pun tampak tertata rapi di atas sebuah meja makan berhiaskan tiga vas berisikan bunga segar.

"Welcome to De Sartika," kata pemilik kapal, Kunal Topandasani.

 Kapal Pinisi

Terbagi menjadi 4 area

Setelah berbincang ringan dan menyantap habis 3 buah risoles, MNC Media memutuskan untuk mengitari kapal pinisi berukuran besar ini. Kapal tersebut rupanya terbagi menjadi 4 area. Pantas saja tampilan luarnya terlihat besar dan megah.

Lantai terbawah dipakai untuk tempat tidur awak kapal. Kemudian ada area main deck (lantai 1) yang digunakan sebagai tempat operasional kapal seperti melepas jangkar, pengoperasi mesin, dan membentangkan layar.

Pada area ini juga terdapat ruangan indoor (VIP) yang dilengkapi kursi dan meja makan. Kemudian di belakangnya ada welcome area yaitu sebuah area khusus untuk menyambut para pengunjung. Di tempat inilah hidangan lezat tadi disuguhkan.

 Kapal Pinisi

Lanjut ke area upper deck (lantai 2). Di area ini terdapat ruang kemudi yang dihuni oleh kapten dan navigator kapal. Pengunjung bisa dengan bebas mengunjungi ruangan ini sambil bercengkerama dengan sang kapten, atau sekadar mengabadikan foto cantik dengan pose bak pengemudi kapal.

Bagian teratas ada area sun deck (lantai 4). Area ini merupakan spot terbaik untuk bersantai sembari menikmati angin sepoi-sepoi dan live music. Pihak Trizara telah menyediakan puluhan bean bag yang bisa digunakan para pengunjung untuk bersantai, berjemur di bawah terik matahari, dan menikmati senja Jakarta.

Sunset Point

 Kapal Pinisi

Ada berbagai atraksi menarik yang disuguhkan oleh kapal pinisi De Sartika. Mulai dari berlayar sekaligus menyambangi beberapa pulau di Kepulauan Seribu, hingga menikmati momen matahari terbenam dari atas kapal.

Kebetulan, perjalanan kami tempo hari adalah untuk menikmati senja di Sunset Point. Dibutuhkan waktu sekira 1,5 jam untuk sampai di tempat tersebut.

Tidak perlu khawatir, selama perjalanan pengunjung dihibur oleh berbagai kegiatan menarik. Salah satunya menikmati lantunan musik summer vibes, atau bernyanyi bersama dengan di area live music.

Menjelang detik-detik matahari terbenam, kapal pinisi sengaja dihentikan oleh sang kapten, agar para pengunjung dapat mengabadikan momen magis tersebut.

Oleh karena itu, jangan lupa kenakan busana terbaik Anda, dan bawalah smartphone atau kamera mirror less untuk mendapatkan foto yang spektakuler.

Banyak spot untuk foto-foto cantik dan Instagramable

 Kapal Pinisi

Mengingat sekarang kita hidup di era digital, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa eksistensi di dunia maya kini sudah menjadi sebuah keharusan. Nah, di kapal De Sartika ini, hampir seluruh area memiliki spot instagramable yang dapat mempercantik hasil foto.

Ambil contoh di area main deck. Anda bisa mengambil foto selfie dengan latar belakang layar kapal dan hamparan laut biru. Bila ingin mengabadikan momen matahari terbenam, naiklah ke area sun deck mengingat area ini sengaja di desain mengusung konsep open space, seperti rooftop di kafe atau restoran-restoran hits ibu kota.

Ingin punya foto unik dan terkesan mewah? Berfotolah di dekat welcome area. Di sini Anda bisa berpose dengan latar belakang pondasi kapal yang terbuat dari kayu, sehingga tampillannya akan menjadi lebih menarik dan cantik dipandang mata. Bahkan, sekilas mirip seperti saat sedang sailing di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur!

Sementara itu Owner Jakarta Phinisi, Kunal Topandasani menuturkan bahwa ide awal membuat paket berlayar menggunakan kapal phinisi, setelah dirinya menerima masukan dari sejumlah wisatasan mancanegara (wisman) dan para wisatawan milenial. 

"Tamu-tamu saya yang wisman selalu mengeluh, tidak banyak yang bisa mereka lakukan di Jakarta. Setelah sampai, biasanya mereka langsung nyeberang atau terbang ke pulau lain, seperti Bali dan Labuan Bajo," tutur Kunal saat ditemui di kawasan Pluit, Jakarta Utara.

Selain itu, ia juga menerima banyak input dari konsumen milenial. Mereka menginginkan objek wisata baru, unik, dan memiliki tantangan berbeda. Hal ini tidak terlepas dari perilaku mereka yang hobi bertualang dan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya di internet.

 Kapal Pinisi

Dalam arti lain, saat ini ekspektasi wisatawan milenial sulit untuk diprediksi. Mata mereka sudah terpaku pada Instagram, sehingga merasa sudah bisa melihat 'dunia'.

"Melihat kebiasaan mereka, saya mulai sedikit tahu bahwa mereka suka atraksi atau objek wisata yang instagenic. Itu paling utama, dan selebihnya memang susah ditebak. Tapi menurut saya mereka itu butuh tantangan yang baru," jelasnya.

Bila tertarik mengambil paket Sunset Point, Anda hanya perlu merogoh kocek senilai Rp749 ribu saja atau 50 U$D. Biaya ini sudah termasuk tiket kapal dan konsumsi selama perjalaman berlangsung.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini