nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melawan Kanker Paru, Kesakitan seperti Ini yang Dirasakan Sutopo

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 08 Juli 2019 08:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 08 481 2075897 melawan-kanker-paru-kesakitan-seperti-ini-yang-dirasakan-sutopo-l5erBU4c93.jpg Sutopo melawan kanker (Foto: Koransindo)

KITA tahu bersama, Sutopo didiagnosa kanker paru-paru stadium 4 itu pada Desember 2017 dan itu berarti dia masih menjalani kehidupan selama 19 bulan pasca diagnosa hingga meninggal dunia. Bukan waktu yang sebentar, terlebih apa yang dialami tubuhnya bukan sesuatu yang mudah dirasakan.

Jangka waktu 19 bulan yang didapat Sutopo dalam melawan kanker stadium lanjutnya, menurut Dokter Spesialis Paru dr Elisna Syahrudin, Sp.P, adalah sesuatu yang luar biasa.

Sebab, jika kita bicara mengenai angka harapan hidup penderita kanker paru-paru, itu sangat tergantung pada beberapa faktor, salah satu yang pasti ialah stage penyakit kankernya saat ditemukan.

 Sutopo Sakit Kanker

"Keadaan umum dan jenis terapi dan responsnya terhadap terapi yang diberikan juga menjadi alasan lain angka harapan hidup penderita kanker bisa panjang," ungkapnya.

Sekarang, dengan pengetahuan tentang penyakit dan ketersediaan obat yang memadai, harapan hidup lebih baik, tetapi tidak bisa secara khusus seorang dokter menentukan berapa lama penderita kanker paru bisa bertahan hidup.

Namun, angka yang sering digunakan ialah berapa persen penderita kanker yang melewati 1, 3, atau 5 tahun. Dari jumlah pasien itu, bisa dilihat bagaimana kanker paru itu menguasai tubuh si pasien. Seperti Sutopo yang ketika diperiksa, rupanya kanker paru sudah beranjak ke stadium lanjut.

#Ini yang tubuh Anda rasakan ketika terserang penyakit kanker paru

Okezone juga secara khusus bertanya pada dr Elisna terkait apa yang dialami penderita kanker paru dalam kesehariannya. Dia menjawab, gejala yang muncul tergantung pada kondisi penyakitnya, terutama berkaitan dengan lokasi metastasis-nya.

Lokasi metastasis kanker paru terbanyak itu pada selaput paru (pleura) yang menyebabkan sesak napas akibat cairan pleura yang masif. Kemudian, ada juga pasien kanker paru yang metastasisnya di tulang yang pada umumnya efek yang ditimbulkan adalah nyeri yang kemudian jadi masalah.

"Ada juga yang metastasisnya di otak dengan keluhan biasanya itu masalah neurologis, seperti sakit kepala dan masalah di kepala lainnya," tambah dr Elisna.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini