nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Rahasia Bikin Steak Rumahan Selezat Restoran Mewah

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 09 Juli 2019 19:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 09 298 2076712 3-rahasia-bikin-steak-rumahan-selezat-restoran-mewah-YPwbLd3YHk.jpeg Daging steak lezat (Foto : Dimas/Okezone)

Steak seringkali diidentikkan sebagai salah satu hidangan mewah dengan harga yang relatif mahal. Bahkan, untuk menikmati olahan steak berkualitas, seseorang harus mengunjungi sejumlah restoran ternama.

Tapi jangan salah, hidangan western ini sebetulnya cukup mudah untuk diolah asal tahu trik dan tipsnya. Nah, bagi Anda yang ingin Ingin menikmati olahan steak lezat seperti di restoran-restoran mewah, berikut Okezone rangkumkan beberapa tips dan triknya langsung dari Executive Chef Holysteak! Wiku Wibowo.

Perhatikan kualitas daging

Langkah pertama yang harus diperhatikan saat hendak membuat steak adalah memilih daging yang berkualitas. Bahan dasar inilah yang nantinya akan menentukan hasil akhir masakan Anda.

Untuk olahan steak sendiri ada dua jenis daging yang bisa digunakan yakni, wagyu dan non wagyu.

"Kalau mau mendapatkan daging berkualitas, kita harus membeli daging jenis wagyu. Daging ini juga memiliki jenisnya yakni, prime cut dan secondary cut," terang Chef Wiku Wibowo saat ditemui Okezone di Blok M Plaza, Jakarta Selatan, Selasa (9/7/2019).

Daging Steak

Daging jenis prime cut sering dijual dengan nama tenderloin, sirloin, dan ribs. Sementara untuk secondary cut lebih ke back ribs dan lidah.

"Kalau sudah mantap memilih jenis dagingnya, perhatikan pula kesegaran daging tersebut. Steak yang enak itu harus dari daging yang masih segar atau sudah tidak terlalu lama disimpan," tambahnya.

Tidak perlu diberikan bumbu yang aneh-aneh

Berbeda dengan kuliner khas Indonesia, masakan western akan jauh lebih lezat bila diolah dengan tambahan bumbu sederhana.

"Kalau kita memiliki kualitas daging yang baik, cukup menggunakan bumbu garam dan lada saja. Nanti tinggal dipadukan dengan saus. Ada saus black pepper, mushrom, barbeque, mushroom, dll," tegas Chef Wiku.

Daging enak

Teknik memasak

Hal lain yang tidak kalah penting dan harus Anda perhatikan adalah teknik masaknya. Anda harus tahu dengan jelas suhu yang digunakan dan berapa lama daging akan dimasak. Pasalnya, teknik inilah yang akan menentukan tingkat kematangan daging, apakah mau disajikan dalam kondisi medium, rare, medium rare, medium well, atau well done.

steak enak

"Untuk manggang steak itu tidak terlalu lama. Jadi harus lihat dulu ketebalan dagingnya. Daging yang tebal beratnya bisa 200 gram ke atas, sementara yang tipis 100-150 gram. Dipanggang hanya 2-3 menit saja jangan terlalu lama, tapi kembali lagi tergantung tingkat kematangan. Contohnya rare, paling cepat dimasak sekitar 1 menit saja," tukas Wiku.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini