nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Mengolah Daging Sapi 3 Menit dan Tak Perlu Dicuci Dulu

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 10 Juli 2019 01:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 09 298 2076803 cara-mengolah-daging-sapi-3-menit-dan-tak-perlu-dicuci-dulu-USRFjuyrdh.jpeg Claudia Setyohadi mengolah daging spai (Foto: Sukardi/Okezone)

Banyak dari Anda yang mungkin ogah mengolah daging sapi. Alasannya kalau tidak ribet mengurusnya, ya, lama mengolahnya. Dua alasan ini yang membuat sebagian dari Anda lebih baik membeli daging sapi matang saja dibanding harus memasaknya.

Tapi, apakah Anda tak ingin mencoba untuk memasak daging sapi? Kalau sudah bisa, tentu akan ada rasa puas dalam diri Anda dan ketagihan untuk menjajal menu daging lainnya. Bahkan, Anda mungkin tak ragu untuk melakukan eksperimen dengan daging sapi tersebut.

 Memasak Daging

Salah satu daging sapi yang berkualitas adalah daging sapi Australia. Daging yang satu ini sudah tersohor keunggulannya. Karena punya kualitas yang baik, itu kenapa daging ini selalu berhasil diolah menjadi menu makanan yang lezat nan nikmat, terutama untuk dijadikan steak. Tapi, tahukah Anda kalau mengolah daging sapi itu mudah sekali?

Ya, seperti dijelaskan Profesional Chef Yeni Ismayani, mengolah daging sapi Australia itu benar-benar mudah, asal tahapannya tepat saja. Salah satu yang mesti dicatat adalah dalam mengolah daging sapi Australia, Anda hanya butuh waktu 3 menit untuk membakarnya di atas panci super panas.

 Memasak Daging

"Untuk tahu pancinya super panas atau tidak, saat Anda menaruh potongam daging di atas panci, akan keluar bunyi 'cheees'. Semudah itu. Kemudian, yang mesti diperhatikan ialah kalau Anda tahu jenis daging yang Anda punya itu berlemak banyak, maka jangan gunakan lagi butter atau olive oil di atas panci," ungkap Chef Yeni saat diwawancarai di acara Okezone Female Chat Box: Barbeque and Sharing Session "Nothing Beats Beef" bersama Meat and Livestock Australia (MLA) di Residence of Yulie Nasution Grillon, Selasa, 9 Juli 2019.

 Memasak Daging

Selain waktu membakar yang singkat, saat membakarnya juga Anda dilarang untuk membolak-balikkan daging. Biarkan daging matang per bagian. Dengan membolak-balikkan daging, menurut Chef Yeni, akan merusak rasa dan kematangan dari daging sapi yang Anda olah. Jadi biarkan satu per satu sisi matang.

Kemudian, untuk tahu apakah sisi daging yang sedang dimasak matang, Anda bisa mengintipnya dengan mengangkat sedikit daging dari panci. Sedikit keemasan sudah cukup karena medium rare adalah tingkat kematangan daging sapi yang terbaik. Masih ada juicy-nya!

Selanjutnya, hal yang mesti diperhatikan saat memasak daging sapi ialah tak perlu dicuci dagingnya. Hal ini ternyata baru diketahui oleh Sosialita Yulie Nasution Grillon. Hal tersebut dia ketahui dari acara Okezone Female Chat Box yang dihelat hari ini di kediamannya sendiri.

 Memasak Daging

"Aku baru tahu kalau setelah membeli daging sapi potong, tidak akan menyucinya lagi. Dijelaskan di sana, kalau menyuci daging, juicy yang ada di dalam daging sapi akan ikut terbuang dan ini malah akan memengaruhi rasa daging setelah diolah," ucapnya.

Jadi, kata Yulie, jangan pernah membuat daging yang Anda beli berubah warna jadi putih pucat dengan dicuci. Itu malah akan mengurangi rasa dari daging sapi yang Anda olah. Tidak mau kan makan daging sapi yang rasanya malah tidak lezat?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini