nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gaya Parenting Chua 'Kotak', Selalu Ajak Anak Main Musik

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 10 Juli 2019 14:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 10 196 2077075 gaya-parenting-chua-kotak-selalu-ajak-anak-main-musik-fAhpgT1IT6.jpg Gaya parenting Chua 'Kotak' selalu ajak anak main musik (Foto : Dewi/Okezone)

Menjadi musisi beken, ternyata Chua 'Kotak' memanfaatkan musik menjadi gaya parenting-nya. Setiap hari, kedua buah hatinya tak lepas dari kegiatan bermusik.

Bagi Chua 'Kotak' menjalani aktivitas sebagai ibu dua anak adalah hal yang gampang-gampang susah. Terlebih, putra pertamanya Raja Shaka tipe anak lelaki yang sangat pencemburu.

Perempuan pemilik nama Swasti Sabdastantri ini memang sejak hamil masih berkutat di dunia musik. Meski perutnya buncit, Chua 'Kotak' masih rajin manggung off air bareng band-nya. Tak heran, kalau kedua buah hatinya sudah familiar dengan dunia musik.

Chua Kotak mangap

"Dari kecil Raja suka saya ajak manggung. Bahkan selama hamil pun masih suka manggung. Sama juga seperti anak ke-2 ini yang umurnya sekarang 3 bulan, apalagi jarak dua anak ini tidak jauh," ucap Chua 'Kotak' di sela Media Gathering Play & Grow with ELC Toys di Pacific Place, Rabu (10/7/2019).

Musik, menurut Chua 'Kotak', pengaruhnya bisa membangkitkan bonding ibu dan anak. Emosi anak juga mudah terkendali, apalagi ketika anak sedang senang atau sedih.

Karenanya, perempuan 31 tahun ini setiap hari mengajak kedua buah hatinya mendengar atau memainkan alat musik. Si kecil pun jadi merasa senang dan sebagai ibu pun, Chua "Kotak" tak merasa kerepotan.

"Bayi saya sekarang kalau nangis disetelin musik dia diam. Begitupun Raja, kalau lagi senang atau sedih, saya nyanyikan lagu-lagu sendiri dan ajak main alat musik. Musik itu bisa ekspresikan diri anak," bebernya.

Di rumah, bahkan hampir semua alat musik sungguhan atau mainan, mulai gitar, drum, piano pun ada. Putranya yang berusia 3 tahun itu kini mulai dikenalkan bagaimana caranya main musik yang benar.

Chua Kotak

Beruntungnya, si kecil pun mau mempraktekkan. Apalagi kalau suasananya menarik dan menyenangkan, bisa tak mau lepas dari main musik.

"Misalnya Raja kalau lagi ngambek saya ajak main musik. Di rumah ada alat musik sungguhan, Raja suka gitar dan drum juga suka," kata bassist Kotak Band itu.

Seketika Chua "Kotak" merasakan perbedaan signifikan saat mengajak buah hatinya bermain musik. Baginya, musik dapat merelaksasi diri si kecil, maupun dirinya.

"Musik itu sebagai relaksasi buat anak. Kita saja orang dewasa, kalau lagi bete ya karaoke. Makanya saya ingin kembangkan musik pada anak, pas lagi marah atau senang," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini