nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Main Musik Bikin Anak Cerdas dan Peka terhadap Lingkungan Sekitar

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 11 Juli 2019 06:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 10 196 2077228 main-musik-bikin-anak-cerdas-dan-peka-terhadap-lingkungan-sekitar-gk5QweOrdV.jpg Anak main musik bikin anak semakin cerdas dan peka (Foto : Parenting)

Terbiasa bermain musik saat di rumah, tentu akan sangat menyenangkan buat si kecil dan orangtua. Bahkan ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan gaya parenting bermusik.

Walau Anda bukan sosok keluarga pemusik, tak ada salahnya mengenalkan anak dengan musik. Dari bayi hingga balita, Anda bisa stimulasi tumbuh kembangnya dengan bermain musik.

Psikolog Nadya Pramesrani mengatakan, dalam satu studi disebutkan bahwa musik memegang faktor penting dalam tumbuh kembang anak. Karenanya, aktivitas bermain musik dapat mengembangkan motorik, bahasa, serta kognitif si kecil.

stmulus anak main musik

Musik bisa juga dijadikan sebagai media komunikasi. Sekarang banyak anak diajak memulai memahami situasi dengan musik. Anak usia 3 tahun bisa disuruh cari lagu," tutur Nadya saat ditemui di Pacific Place, Jakarta, Rabu 10 Juli 2019.

Melalui kegiatan musikal, anak yang aktif terlibat main musik atau bernyanyi, secara tidak langsung dapat akademik lengkap. Anak jadi lebih cerdas dan memahami situasi sekitarnya dengan peka.

Di samping itu, anak yang suka bermain musik dapat menyalurkan energinya dengan tepat. Apalagi di usia balita, si kecil aktif bergerak dan ingin tahu banyak hal.

"Anak-anak itu punya lonjakan energi yang tidak langsung meledak. Melalui musik, membantu anak untuk bergerak, kalau bisa bernyanyi untuk keluarkan energi," beber Nadya.

Hal yang lebih menyenangkan lagi dalam bermusik yakni secara tidak langsung membangun bonding ibu dan anak dengan maksimal. Ini pun banyak dibuktikan kaum ibu milenial, yang senang mengajak buah hatinya main musik.

anak senang main

"Musik bisa menguatkan hubungan anak dengan keluarga. Faktor orangtua yang suka bermusik berpengaruh, kalau anak hidup di lingkungan bermusik ketertarikan di dunia musik lebih besar. Tapi bukan berarti jadi musisi juga," tutur Nadya.

Dengan manfaat yang besar, orangtua tak perlu ragu mengenalkan permainan musik. Kalaupun memilih produk mainan musik juga harus tepat dan aman untuk si kecil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini