nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Catat! Pilih Daging Ini Jika Ingin Membuat Steak ala Restoran Bintang 5

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 10 Juli 2019 18:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 10 298 2077212 catat-pilih-daging-ini-jika-ingin-membuat-steak-ala-restoran-bintang-5-9602JlxJjI.jpeg Steak (Foto: Dimas Andhika/Okezone)

Selama ini steak selalu identik dengan hidangan mahal yang disajikan oleh restoran mewah. Padahal, Anda juga bisa membuat hidangan tersebut di rumah.

Nah, bila ingin membuat olahan steak berkualitas, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kualitas dagingnya. Executive Chef Holysteak, Wiku Wibowo menjelaskan, olahan steak akan semakin lezat bila menggunakan daging sapi impor.

 Daging sapi

Menurutnya, hal ini disebabkan tekstur daging lokal yang cenderung lebih keras dibanding tekstur daging impor. Namun bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan daging lokal.

"Sekarang itu ada istilah yang namanya teknologi aging. Ada aging yang menggunakan daging lokal, nah itu kualitasnya hampir sama dengan daging impor, karena teksturnya cenderung empuk," terang Chef Wiku Wibowo saat ditemui Okezone di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, belum lama ini.

 Daging sapi

Cara kerja teknologi aging, yaitu daging sapi, kambing, dan lainnya dimasukkan ke dalam sebuah lemari pendingin dan diatur suhunya sesuai ketentuan. Tujuannya adalah untuk membuat tekstur daging yang akan digunakan membuat steak menjadi lebih empuk.

"Teknologi sistem aging memiliki cara yang sama, hanya, kita harus tahu bagaimana mengendalikan suhu untuk mengurai enzim dalam daging tersebut," kata Wiku.

 Daging sapi

Kendati demikian, Wiku menganjurkan untuk menghindari penggunaan daging lokal bila ingin mendapatkan hasil terbaik. Bukan hanya dari segi teksturnya saja, daging impor dinilai lebih baik dalam menyerap bumbu masakan.

Hal ini karena jumlah serat pada daging impor dan lokal sangat berbeda. "Daging impor seperti daging sapi dari Australia seratnya lebih halus. Daging lokal terkadang lebih kasar dan warna dagingnya lebih gelap," tukas Wiku.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini