nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Serunya Belajar Masak Daging Sapi Australia di Rumah Sosialita Yulie Grillon

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Kamis 11 Juli 2019 05:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 10 298 2077218 serunya-belajar-masak-daging-sapi-australia-di-rumah-sosialita-yulie-grillon-ZcBFp1rkjo.jpeg Serunya belajar memasak daging sapi Australia di rumah Yulie Grillon (Foto : Sukardi/Okezone)

Cara membuat steak daging atau bifstik dapat diolah melalui banyak teknik, seperti dipanggang, digoreng, ataupun dibakar. Namun setiap kali mencoba membuat steak di rumah, banyak yang bertanya-tanya, kenapa rasanya tidak seenak di restoran?

Sebenarnya mengolah daging sapi untuk menjadi hidangan makanan sehat dan lezat di rumah tidak sulit kok! Inilah tema yang diangkat oleh Okezone yang berkolaborasi bersama MLA (Meat and Livestock Australia), dalam acara bertajuk, Female Chat Box: Barbeque & Sharing Session “Nothing Eats Beef”.

Kali ini acara digelar di kediaman Yulie Nasution Grillon, Kemang, Jakarta Selatan, Selasa 9 Juli /2019. Terlihat yang hadir dalam acara ini adalah dr. Jovita Amelia SpGK, Dara Setyohadi, Claudia Setyohadi, chef Yeni Ismayani dan para ibu anggota komunitas wanita di Jakarta.

Ragam kegiatan yang menarik pun digelar, acara diawali dengan penjelasan mengenai gizi yang terkandung dari daging sapi oleh dr. Jovita, dan kemudian dilanjutkan oleh Isye selaku perwakilan resmi dari MLA yang menjelaskan keunggulan daging sapi Australia dibandingkan daging lainnya. Dalam penjelasannya, mereka mengingatkan kita betapa pentingnya mengonsumsi daging sapi sebagai sumber protein hewani yang baik dengan kandungan zat besi yang sangat dibutuhkan tubuh kita.

daging sapi

Acara kemudian berlanjut gelaran demo memasak oleh chef Yeni dengan mempraktekkan empat menu hidangan olahan daging sapi Australia yang bisa dengan mudah dimasak di rumah. Saat memasak daging steak, chef Yeni hanya membutuhkan waktu tiga menit dan daging steak pun siap disajikan dengan kematangan medium rare. Selain steak, chef Yuni juga menyediakan beragam menu mulai seperti tumis daging sirloin dan teriyaki.

daging sapi enak

Yuli Grillon menjelaskan tujuan utama dari acara ini sebenarnya adalah untuk memberikan edukasi kepada para wanita tentang hidangan daging sapi Australia yang mudah dibuat di rumah. Selain itu, dia juga memberikan edukasi mengenai cara mengolah daging yang benar.

“Di sini kita mengedukasi teman-teman, mereka jadi tahu caranya memasak daging (steak) yang bagus bahwa tidak usah lama-lama, cukup tiga menit saja kalau dagingnya sudah bagus, rasanya pasti so yummy!,” ungkap Yuli.

Selain itu, Dara Setyohadi juga menambahkan bahwa acara ini memang memberikan pengetahuan baru mengenai daging itu sendiri.

“Kita mendapatkan banyak ilmu tentang apasih pentingnya good quality beef, terus kenapa kita perlu nutrisi dari beef itu sendiri dan kenapa kita perlu konsumsi sehari-hari. Karena kita perlu zat besi dan zat besi itu bisa kita dapatkan paling banyak dari daging. Selain itu daging juga memiliki vitamin yang tinggi.” Ucap Dara kepada Okezone.

Claudia juga mengatakan bahwa dalam acara ini, yang paling informatif adalah ketika dijelaskan fakta dari beberapa mitos yang beredar di masyarakat terkait daging sapi.

“Yang paling informatif itu di sharing session, kita enggak cuma kumpul-kumpul ngobrol, kita juga dijelasin ternyata banyak banget yang selama ini mitos. Kayak misalnya orang-orang enggak mau makan daging merah katanya takut enggak halal karena masih banyak darah. Ternyata faktanya itu adalah juicy,” ucap Claudia kepada Okezone.

memasak daging sapi

Saat gelaran demo masak, Chef Yeni memperlihatkan bahwa memasak daging sapi Australia sendiri di rumah itu tidaklah sulit. Cukup dengan 3 menit, daging sapi Australia pun sudah siap disantap!

“Ini semua dagingnya mudah empuk ya, sehingga disarankan disajikan dengan medium. Jangan takut bumbunya enggak meresap ya. Daging Australia ini seratnya halus, mudah terbuka saat dimasak dan cepat matengnya. Beda dengan daging biasa yang seratnya keras.” Ungkap chef Yeni.

“Kalau daging Australia ini masaknya enggak usah lama. Justru kalau masaknya lama, dagingnya malah jadi alot. Saat masak steak juga jangan dibolak-balik terus, cukup tunggu beberapa menit, intip sedikit udah mateng atau belumnya terus langsung balik dagingnya. Jadi satu kali aja ngebaliknya. Dan untuk daging Australia disarankan medium rare ya,” Tambahnya.

dokter masak

Dokter Jovita, sebagai salah satu narasumber juga memberikan ilmu tentang daging sapi. Dia mengingatkan betapa pentingnya mengonsumsi daging sapi karena mengandung zat besi tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh.

“Kita harus tahu betapa pentingnya zat besi dan protein hewani untuk tubuh kita. Nah, di dalam daging sapi ini lah kita bisa mendapatkan zat besi serta nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita saat beraktivitas. Pola makan kita juga harus dijaga. Konsumsinya harus lengkap, ada karbohidrat, protein, serat, dan lemak,” papar dr.Jovita.

Sementara itu, di akhir acara para peserta terlihat dari pantauan langsung Okezone, para peserta yang hadir begitu antusias untuk menyimak demo masak yang dibawakan oleh chef Yeni dan setelah itu dilanjutkan dengan berbelanja aneka jenis daging yang disediakan oleh MLA-True Aussie Beef yang dijual dengan potongan harga menarik hingga diskon 50%.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini