nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bolehkah Konsumsi Steak Setiap Hari? Ini Penjelasannya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 11 Juli 2019 06:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 10 298 2077306 bolehkah-konsumsi-steak-setiap-hari-ini-penjelasannya-U4AJpKfzII.jpg Ilustrasi (Foto: Japana)

Steak merupakan salah satu kuliner khas western yang disukai masyarakat Indonesia. Olahan daging sapi panggang yang disajikan dengan beragam bumbu dan saus ini memang menyuguhkan sensasi gurih yang menggugah selera.

Namun mengingat hidangan ini berbahan dasar daging sapi, ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui agar tidak kebablasan saat mengonsuminya. Menurut penuturan Executive Chef Bhadarana Group, untuk menyeimbangkan kandungan nutrisinya, sajian steak harus disajikan dengan menu pelengkap seperti olahan salad segar.

"Saya biasanya memadukan daging steak dengan fresh mix salad, menu pelengkap ini berfungsi menetralisir lemak-lemak supaya mudah dicerna," tutur Chef Wiku Wibowo saat ditemui Okezone, beberapa waktu lalu.

 Daging sapi

Selain itu, steak juga dianjurkan disantap pada siang hari karena dapat menjadi sumber energi baru bagi tubuh. Disantap untuk makan malam pun tak masalah, yang jarang justru orang makan steak di pagi hari.

Sementara untuk porsinya sendiri, Chef Wiku menerangkan bahwa olahan steak yang terbuat dari daging wagyu cenderung lebih aman bila ingin disantap setiap hari. Daging sapi jenis ini dipercaya kaya akan omega 6 yang masuk dalam kategori lemak tak jenuh.

 Memasak Daging

"Tapi kalau makan daging non wagyu, disarankan seminggu 3-4 kali saja. Terus batasi juga penambahan bumbunya terutama garam," tambahnya.

Chef Wiku mengatakan, porsi steak yang hendak disantap sebaiknya tidak lebih dari 100-150 gram per hari. Dalam kurun waktu satu minggu disarankan hanya mengonsumsi sekira 400 gram daging.

Namun hal tersebut harus disesuaikan pula dengan gaya hidup si penikmat steak itu sendiri. Bila ia rutin berolahraga dan bisa membakar lemak dengan baik, tidak masalah bila ingin mengonsumsi steak lebih dari 150-200 gram per hari.

Apalagi melihat perilaku hidup sehat yang mulai digandrungi kaum urban saat ini. Banyak di antara mereka yang hanya mengonsumsi daging saja untuk mendapatkan asupan protein, tanpa menyantap hidangan mengandung karbohidrat seperti nasi dan lain sebagainya.

"Intinya buat yang rajin berolahraga bisa lebih banyak mengonsumsi steak atau olahan daging lainnya. Nah, kalau untuk anak-anak, disarankan saat mereka sudah berusia 7 tahun dengan tingkat kematangan well done," pungkas Chef Wiku.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini