nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Traveler Milenial Diklaim Semakin Berani Coba Tantangan Baru

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 10 Juli 2019 18:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 10 406 2077199 traveler-milenial-diklaim-semakin-berani-coba-tantangan-baru-l1Mf0w1HXA.jpg

Menteri Pariwisata Arief Yahya pernah mengatakan bahwa saat ini fokus pariwisata Indonesia, lebih mengarah ke generasi milenial. Apalagi memasuki era Tourism 4.0, di mana digital dan milenial memainkan peranan penting.

Tak heran bila belakangan ini, banyak pelaku wisata yang mulai mengembangkan atraksi wisata dengan konsep terbaru untuk milenial. Sebut saja Kunal Topandasani, pendiri Trizara Group yang kini mulai merambah bisnis pariwisata di ibu kota Jakarta.

 Liburan milenial

Ya, setelah meluncurkan penginapan berkonsep glamourous camping (glamping) di kawasan Lembang, Bandung, Jawa Barat, belum lama ini Kunal meluncurkan paket wisata berlayar dengan kapal pinisi di area perairan Kepulauan Seribu.

Kepada Okezone, Kunal mendapatkan ide tersebut setelah menerima masukan dari sejumlah wisatasan mancanegara (wisman) dan para wisatawan milenial.

"Tamu-tamu saya yang wisman selalu mengeluh, tidak banyak yang bisa mereka lakukan di Jakarta. Setelah sampai, biasanya mereka langsung nyeberang atau terbang ke pulau lain, seperti Bali dan Labuan Bajo," tutur Kunal saat ditemui di kawasan Pluit, Jakarta Utara.

 Liburan milenial

Selain itu, ia juga menerima banyak input dari konsumen milenial. Mereka menginginkan objek wisata baru, unik, dan memiliki tantangan berbeda. Hal ini tidak terlepas dari perilaku mereka yang hobi bertualang dan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya di internet.

Alhasil, Kunal mengakui bahwa saat ini ekspektasi wisatawan milenial sulit untuk diprediksi. Mata mereka sudah terpaku pada Instagram, sehingga merasa sudah bisa melihat 'dunia'.

 Liburan milenial

"Melihat kebiasaan mereka, saya mulai sedikit tahu bahwa mereka suka atraksi atau objek wisata yang instagenic. Itu paling utama, dan selebihnya memang susah ditebak. Tapi menurut saya mereka itu butuh tantangan yang baru," jelasnya.

Bekerjasama dengan MNC Travel, Kunal pun sepakat membuat paket wisata baru yang diklaim dapat menarik perhatian wisatawan milenial. Terutama bagi mereka yang 'kebelet' menjadi influencers atau aktif bermain media sosial.

Paket yang ditawarkan sebetulnya sangat sederhana, yakni menikma sunset dari atas kapal pinisi. Namun bagi milenial, hal tersebut tentu memiliki daya tarik tersendiri mengingat selama ini kapal pinisi kebanyakan berada di kawasan Timur Indonesia.

Cukup merogoh kocek senilai Ro749 ribu, wisatawan sudah dapat merasakan sensasi berlayar menggunakan kapal pinisi, sembari menikmati indahnya pemandangan langit senja Jakarta.

 Liburan milenial

"Sekarang harga tiket pesawat kan mahal. Belum lagi harus pesan penginapan. Kalau mau coba berlayar, tidak usah jauh-jauh ke Labuan Bajo. Di Jakarta juga ada," tegas Kunal.

"Goal saya adalah untuk merubah wajah Jakarta bukan Monas saja yang terlihat cantik, tapi teluk kita juga enggak kalah cantik kalau kita perhatikan dan rawat," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini