Kenali Bahaya Pembuluh Darah Otak Pecah, Kondisi yang Bikin Tio Pakusadewo Masuk RS

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 10 Juli 2019 10:23 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 10 481 2076931 kenali-bahaya-pembuluh-darah-otak-pecah-kondisi-yang-bikin-tio-pakusadewo-masuk-rs-rlOXPBbFWR.jpg Tio Pakusadewo menderita stroke (Foto: Instagram)

AKTOR lawas Tio Pakusadewo mendadak dilarikan ke rumah sakit. Dia mengalami pembuluh darah otak pecah, yang bisa memicu stroke.

Sebelum masuk rumah sakit, dikabarkan kondisi Tio Pakusadewo sehat-sehat saja. Karena tidak menunjukkan tanda-tanda sakit parah.

Rupanya ada beberapa pemicu serta bahaya yang mesti Anda ketahui terkait penyakit tersebut. Apalagi saat ini stroke menjadi suatu penyakit yang membuat orang takut.

Padahal penyakit tersebut dipengaruhi karena gaya hidup seseorang. Seperti merokok, tidak menjaga pola makan dengan baik, tekanan darah tinggi, serta jarang aktivitas fisik.

Di samping itu, faktor usia juga memengaruhi terjadinya pecahnya pembuluh darah otak. Di usia tua, kondisinya pasti sudah lemah dan kaku.

 Stroke mendadak

Sementara itu, dijelaskan Spesialis Saraf Frandy Susatia, SpS, ketika seorang pasien mengalami pecah pembuluh darah otak, dampaknya Paling mudah memicu stroke. Jika biasanya pembuluh darah mengalirkan darah ke otak, saat penyebabnya muncul, langsung mengalami penyumbatan atau pecah.

"Otak menjadi rusak karena tidak mendapatkan aliran darah. Padahal, otak manusia membutuhkan aliran darah konstan yang mengandung oksigen dan nutrisi," ucapnya terkait penyakit yang diderita Tio Pakusadewo saat dihubungi Okezone, Rabu (10/7/2019).

Dia menambahkan, ketika seseorang mulai menunjukkan gejala stroke, akan lebih baik tidak dibiarkan begitu saja. Ada hal-hal yang harus diperhatikan, terlebih sebelum membawanya ke rumah sakit.

Ajak pasien untuk senyum, gerak pelan-pelan dan bicara. Kalau tidak, mereka akan mengalami kelumpuhan atau akibat dari stroke ringan. Selain itu, pasien juga bisa mengalami keluhan sakit kepala mendadak. Diiringi dengan penglihatan kabur yang tentu membuat pasien tidak nyaman.

"Lima menit saja dibiarkan, dampaknya adalah kerusakan otak secara total," kata dr Frandy.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini