nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diet Super Ketat Tapi Berat Badan Tak Kunjung Turun, Mungkin 7 Hal Ini Penyebabnya

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 10 Juli 2019 12:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 10 481 2076948 diet-super-ketat-tapi-berat-badan-tak-kunjung-turun-mungkin-7-hal-ini-penyebabnya-ipMf1eIVZz.jpg Berat badan tak kunjung turun (Foto: Vixen Daily)

MEMILIKI berat badan ideal adalah impian banyak orang. Namun tidak semua bisa mendapatkannya. Bahkan meskipun mereka sudah berusaha mati-matian untuk menurunkan berat badan.

Ada beberapa penyebab berat badan tak kunjung turun walau sudah melakukan berbagai cara. Melansir The Sun, Rabu (10/7/2019), inilah 7 hal sepele yang membuat program penurunan berat badan tidak berhasil :

1. Kurang tidur

Tidur sangat penting karena ketika benar-benar beristirahat maka tubuh bisa diperbaiki. Saat otot pulih kembali, maka komposisi tubuh bisa diubah dan menurunkan persentase lemak tubuh. Namun jika waktu tidur kurang, maka jumlah lemak bisa bertambah karena timbul perasaan lapar.

2. Terlalu banyak stres

Hormon stres, selain kortisol membuat seseorang lebih sulit mengatakan tidak pada camilan dan minuman manis. Dengan demikian, dorongan untuk makan semakin besar yang berimbas pada kenaikan berat badan.

 Berat badan

3. Gagal menghitung kalori

Konsumsi kalori berlebihan dapat menaikkan berat badan seseorang. Beberapa mungkin merasa mereka hanya mengonsumsi makanan dengan sedikit kalori. Padahal tidak demikian. Semakin banyak kalori yang dikonsumsi, maka semakin besar kemungkinan untuk berat badan bertambah.

4. Masalah hormonal

Hormon adalah kunci agar tubuh bekerja dengan baik. Terkadang pola makan sehat dan olahraga tidak cukup untuk memperbaiki masalah hormon. Wanita yang memiliki kadar estrogen tinggi sepanjang siklusnya cenderung menahan berat badan sehingga kesulitan menurunkan jumlah lemak. Sindrom ovarium polikistik juga dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

5. Diet tak konsisten

Konsistensi adalah kunci dalam setiap bidang kehidupan. Banyak orang yang hanya mampu melakukan pola hidup sehat untuk sementara waktu. Sedangkan di waktu yang lainnya gaya hidup mereka kembali ‘berantakan’. Hal itulah yang membuat berat badan sulit turun.

 Pusing

6. Pola pikir negatif

Banyak masalah berat badan berasal dari pola pikir negatif terhadap diri sendiri dan makanan. Contohnya menganggap coklat buruk bagi tubuh dan itu hanya akan membuat berat badan bertambah. Masih banyak lagi makanan yang dianggap tidak baik. Hal itu dapat membuat pikiran menjadi stres dan balik lagi, stres dapat menghambat penurunan berat badan.

7. Terburu-buru

Menurunkan berat badan bukanlah sesuatu yang instan. Mereka yang rajin berolahraga di gym saja butuh waktu 8-12 minggu untuk mendapatkan perubahan pada bentuk tubuh. Masalahnya, di era media sosial seperti sekarang ini, banyak orang yang terburu-buru ingin kurus lantaran melihat iklan yang dijanjikan oleh influencer dan perusahaan tertentu. Iklan tersebut mengatakan berat badan bisa turun dalam waktu cepat padahal nyatanya tidak demikian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini