nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pohon Keramat di Pura Bali Terbakar, Perempuan Indigo Sebut Penunggunya Marah!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 11 Juli 2019 20:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 11 612 2077709 pohon-keramat-di-pura-bali-terbakar-perempuan-indigo-sebut-penunggunya-marah-e38Rg9CaJK.jpg Ilustrasi Pohon Kebakaran (Foto: Pixabay)

KABAR mengejutkan dari tanah Bali. Sebuah pohon yang dikeramatkan tiba-tiba saja terbakar. Kejadian ini sontak membuat warga Bali kaget dan penasaran juga apa alasan pohon tua tersebut dilahap si jago merah.

Diketahui, pohon pulai yang berada di kawasan Pura Luhur Beten Bingin, Banjar Jumpayah, Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi, itu terbakar habis batang hingga akarnya. Menurut beberapa sumber, kejadian itu terjadi pada Kamis dini hari, 11 Juli 2019.

Namun, laporan kebakaran pohon setinggi 30 meter itu diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Badung sekira pukul 05.45 waktu Bali. Petugas pun kemudian lantas menghentikan kobaran api dan sekitar satu jam setelah penanganan, api tersebut berhenti membakar pohon yang dikramatkan tersebut.

Terkait dengan kabar ini, Okezone coba meminta tolong pada perempuan indigo Furi Harun untuk menerawang apa yang sebetulnya terjadi pada pohon tua tersebut. Apa penyebab pohon tersebut terbakar dan bagaimana nasib penunggu pohon itu?

Furi menjelaskan, menurut penerawangannya, pohon tersebut memang sudah sangat tua dan dikeramatkan. Itu kenapa penunggu pohon tersebut bukan makhluk biasa. Furi Harun menuturkan, si penghuni pohon tersebut adalah spirit suci dan sosoknya sangat besar.

"Kalau ditanya siapa makhluk penunggu pohon pulai yang terbakar itu, aku ngeliatnya sosoknya besar dan spirit suci. Kemudian sifat si makhluk itu mengayomi," terang Furi Harun pada Okezone, Kamis (7/11/2019).

Lantas, bagaimana nasib spirit itu setelah tau 'tempat tinggalnya' terbakar?

Furi menyatakan, penunggu pohon itu marah dan tidak menyukai insiden tersebut. Dengan adanya kejadian ini, Furi yakin kalau para pemangku dan tokoh agama di pura itu akan dengan segera meminta maaf karena insiden tersebut.

"Benar, pohon tersebut memang ada penunggunya dan karena peristiwa kebakaran ini, si makhluk itu marah. Tapi, saya yakin kalau pemangku dan tokoh agama di sana akan langsung melakukan serangkaian upacara untuk meminta maaf," ungkapnya.

So, apa alasan pohon tersebut terbakar? Apa karena alasan mistis atau ada faktor lain?

Berdasar penerawangan Furi, pohon tersebut terbakar karena kelalaian manusia! Jadi, sebelum pohon keramat itu hangus terbakar, ada pihak yang membakar dupa tepat di bawah akar pohon. Nah, apinya itu membakar ranting dan peristiwa kebakaran itu terjadi.

"Jadi, pohon pulai yang berada di kawasan Pura Luhur Beten Bingin itu terbakar karena kelalaian manusia. Tidak ada hal mistis yang menyebabkan pohon tersebut terbakar," tambah Furi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini