nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terungkap Jenis-Jenis Tuyul, Salah Satunya Mirip Anak Manusia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 12 Juli 2019 00:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 11 612 2077784 terungkap-jenis-jenis-tuyul-salah-satunya-mirip-anak-manusia-iTLIeekKpP.jpeg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Berbicara hal-hal berbau mistis memang tidak ada habisnya. Meski bagi sebagian orang kehadiran makhluk halus masih menjadi tanda tanya besar, namun tak sedikit pula orang yang pernah melihat penampakan mereka. Alhasil, mitos tentang keberadaan makhluk halus pun masih berkembang hingga sekarang. Nah, dari sekian banyak jenis makhluk halus, tuyul menjadi salah satu yang paling populer di Indonesia.

Sosok makhluk yang digambarkan menyerupai anak kecil ini diketahui menjadi bagian dari ritual pesugihan. Spesialisasi tuyul adalah mencuri uang di rumah-rumah penduduk.

Fakta menarik lainnya, tuyul ternyata terbagi lagi menjadi beberapa kategori. Hal ini disampaikan oleh tim Kisah Tanah Jawa (KTJ) dalam video Paranormal Experience di kanal YouTube Raditya Dika.

Kebetulan, beberapa bulan lalu mereka baru saja melakukan ekspedisi menyusuri salah satu gua Jepang di daerah Jawa Tengah. Menurut pengakuan Hao, setidaknya ada 9 jenis tuyul yang hingga saat ini masih meresahkan masyarakat Indonesia.

 Ilustrasi

"Banyak jenisnya. Mulai dari yang maharnya paling murah Rp100 ribu sampai yang ratusan juta rupiah," terang Hao.

Untuk tuyul dengan mahar terendah, biasanya bentuk tubuh mereka paling jelek di antara jenis tuyul lainnya. Bila digambarkan, bentuk bibirnya cenderung vertikal, berlendir, dan wajahnya sangat menyeramkan. Tuyul jenis ini ia sebut 'Tuyul Reject-an'.

Kinerja tuyul reject tidak sebagus tuyul bermahar tinggi. Fokus mereka lebih mudah teralihkan saat sedang bertugas. Ibarat kata, jika mereka disuruh mencuri di pasar, mereka lebih mudah tergoda untuk bermain dibandingkan menjalankan tugasnya. Apalagi bila para pedagang menyiapkan penangkal tuyul seperti yuyu (kepiting sawah) atau kacang hijau.

Sementara tuyul bermahar tinggi, tampilannya cenderung menyerupai anak manusia. Ia bahkan harus dibelikan pakaian, mainan, dan susu seperti anak-anak pada umumnya.

"Orang yang mau pelihara tuyul itu harus punya istri. Karena tuyul-tuyul itu membutuhkan asi," kata Hao.

Lebih lanjut, Hao menjelaskan, metode 'pencurian' yang dilakukan tuyul-tuyul ini pun sebetulnya tidak seperti yang ditampilkan film-film di televisi.

"Mereka enggak langsung ngambil uang. Misalnya ada yang naruh uang Rp1 juta di dalam lemari. Mereka ngambilnya per lembar dari depan gerbang rumah. Istilah kekiniannya seperti sedang download file di internetlah," tambahnya.

 

Hao mengatakan, orang awam pun sebetulnya bisa mengetahui ciri-ciri orang yang menjalani kontrak pesugihan dengan para tuyul. Paling sederhana adalah dengan memerhatikan seseorang yang gerak-geriknya terlihat mencurigakan.

"Kalau ada bapak-bapak atau ibu-ibu menaruh salah satu lengannya di belakang punggung, kemungkinan mereka sedang menggendong tuyul. Biasanya mereka muter-muter komplek atau perkampungan untuk mencari mangsa yang tepat," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini