nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Abi, Anak Sulung dari Istri Ketiga Ayahnya: Umi Memintaku Tak Ikuti Jejak Ayah Poligami

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 13 Juli 2019 09:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 12 196 2078253 kisah-abi-anak-sulung-dari-istri-ketiga-ayahnya-umi-memintaku-tak-ikuti-jejak-ayah-poligami-eMPxcMMtLZ.jpg Foto ilustrasi anak sulung dari keluarga poligami (Foto : Desiringgod)

Poligami menjadi polemik tak kunjung usai. Banyak pihak tak menyetujui konsep pernikahan ini. Tapi, bagi sebagian lainnya poligami adalah upaya pria untuk menyelamatkan nasib perempuan.

Dalam poligami, banyak poin yang bisa dikulik, salah satunya dari sisi si anak. Anak dari orangtua poligami kerap menjadi perhatian karena dianggap akan terbengkalai pengasuhannya. Namun, pada Okezone, Abi (bukan nama asli) mengaku kalau persepsi itu tidak dia alami. Jauh bahkan dari persepsi yang kadang dimunculkan melalui film atau serial tv.

Abi menjelaskan bagaimana dia cukup merasa damai hidup di keluarga poligami. Bahkan, dia tak merasa diasingkan karena menjadi anak pertama dari istri ketiga ayahnya. Penasaran kisah Abi selengkapnya?

Aku anak sulung dari istri ketiga ayah

Mengetahui fakta kalau dirinya adalah anak dari istri ketiga, Abi yang kini berusia 20 tahun tak pernah memusingkannya. Terlebih keluarga tidak ada yang pernah membedakan dia dengan kakak atau adik tiri dari istri pertama pun istri kedua. Abi sejauh ini merasa nyaman dengan keadaan seperti itu.

poligami itu ada mitosnya

Pada Okezone, Abi menjelaskan, dirinya tahu kalau dia memiliki kekuarga tiri yang besar saat sudah mulai remaja. Sekali lagi, Abi tak pernah mendapat pengasingan dari keluarga istri pertama atau istri kedua.

"Aku malah bersyukur punya keluarga yang besar seperti ini, karena aku bisa dapat banyak ilmu dan dijagain juga sama kakak-kakak tiri aku," ungkapnya melalui pesan singkat, Jumat malam 12 Juli 2019.

Abi bahkan menjelaskan kalau dirinya tak begitu mementingkan kalau fakta menyatakan dia memiliki keluarga tiri yang cukup besar. Abi santai menanggapinya, tapi kemudian saat remaja dia akhirnya sadar dan sekali lagi, tak ada masalah hidup di keluarga poligami.

ilustrasi poligami 2 istri

(Foto : Ilustrasi)

Sementara itu, saat Okezone menanyakan bagaimana reaksi keluarga dari istri pertama dan kedua saat tahu kehadiran Abi?

Laki-laki itu menjelaskan kalau dia tak pernah diasingkan. Dia juga bersyukur memiliki ayah yang cukup baik dan adil pada semua istri dan anak-anaknya. Ayahnya, diakui Abi, tak pernah membeda-bedakan nasib istri pertama, kedua, atau ketiga. Semua dibuat bahagia sama ayah.

Bahkan, Abi benar-benar bersyukur dengan kondisi hidupnya ini. Dia menganggap kalau saat semuanya kumpul bersama, itu rasa hangat antar keluarga sangat terasa dan menurut Abi itu sangat asyik. Seru.

"Jadi, dengan adanya banyak keluarga seperti ini (poligami), dia merasa akan banyak ilmu yang dia dapatkan dan banyak hal luar biasa yang bisa dibagikan antar keluarga. Sebab, kita benar-benar tidak membedakan satu sama lain," papar Abi.

Harapan Abi untuk ketiga ibunya

Merasa bahagia dengan kondisi keluarganya, Abi paham betul kalau ternyata ayahnya cukup adil dalam membentuk keluarga. Abi sempat diberi wejangan dari ayahnya terkait dengan putusan sang ayah berpoligami. "Ketika kamu sudah menentukan satu pilihan (poligami), maka bertanggung jawab lah dengan keputusan itu," papar Abi.

Hal itu dilakukan sang ayah. Berdasar pengakuan Abi, ketiga ibunya memiliki kehidupan yang cukup. Semuanya berbahagia dengan memiliki rumah tinggal yang tetap dan anak-anaknya semua dibentuk sebagai pribadi yang hebat dan insyaallah sukses. Abi menilainya itu adalah upaya pertanggungjawaban sang ayah pada para istrinya.

ilustrasi poligami

(Foto : Ilustrasi)

Lalu, bagaimana dengan harapan Abi sendiri pada ibu kandungnya?

"Sebagai anak, tentu kita berharap yang terbaik untuk orangtua. Aku sih terus berupaya untuk bisa membahagiakan mereka. Aku ingin berangkatin mereka haji. Aku ingin jadi anak soleh buat kedua orangtuaku," ucap Abi penuh haru.

Terkait dengan harapan untuk orangtua, Abi menjawab, dia berharap Allah SWT memberikan rezeki yang cukup dan kesehatan yang tak kunjung henti. Sebab, Abi ingin sekali membahagiakan orangtuanya itu selagi mereka masih hidup di dunia.

Abi juga sadar kalau dia tidak akan ada di dunia kalau bukan karena orangtuanya. Makanya, dia ingin sekali membahagiakan kedua orangtuanya sekali pun sejatinya dia memiliki ibu tiga dan 7 saudara lainnya.

Ya, Abi adalah anak pertama dari istri ketiga yang memiliki 3 anak. Kemudian, untuk istri pertama, ibu tiri Abi melahirkan 3 anak, sedangkan dari istri kedua ada 2 anak. Semuanya menyatu dalam damai dan ayahnya yang melakukan hal itu. Bahkan, mereka semakin saling menjaga satu sama lain setelah istri pertama ayahnya meninggal.

Apakah Abi berniat poligami?

Anak akan berkaca pada perilaku orangtuanya. Ketika ayahnya Abi berpoligami, apakah kemudian Abi akan mengikuti jejak ayahnya?

Pertanyaan ini Okezone utarakan pada Abi dan dia menjawab, "Saya tidak ingin, terlebih Umi nggak ingin ada anaknya yang mengikuti jejak poligami. Umi bilang cukup satu orang saja yang poligami," katanya.

Ucapan Umi-nya ini Abi amini dalam-dalam. Dia percaya apa yang dikatakan Umi-nya adalah keputusan final dan itu yang terbaik untuknya.

Ilustrasi Poligami banyak istri

(Foto Ilustrasi)

Abi juga yakin kalau dirinya menuruti perkataan Umi, hidupnya akan diridhoi Allah. Sebab, Abi pun paham kalau Rasulullah mendahulukan sang ibu dibandingkan ayah.

"Aku tidak ingin poligami karena memang Umi meminta aku untuk tidak melakukannya. Keputusan ini aku yakini benar dan aku ingin ibu aku bahagia dengan aku mengiyakan keinginannya," tutupnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini