nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makanan Sehat Pertama di Dunia yang Terbuat dari Listrik, Air dan Udara

Annisa Aprilia Nilam Sari, Jurnalis · Jum'at 12 Juli 2019 18:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 12 298 2078049 makanan-sehat-pertama-di-dunia-yang-terbuat-dari-listrik-air-dan-udara-UQNWu7CVxd.jpg Solein makanan sehat tinggi protein (Foto: Odditycentral)

PERUSAHAAN startup asal Finlandia, Solar Foods, telah menghasilkan cara untuk menghasilkan makanan sehat kaya protein yang disebut dengan Solein. Makanan ini terbuat dari listrik, air, dan udara, dengan menggunakan proses yang ramah lingkungan yang mirip dengan pembuatan bir seperti yang dilansir dari odditycentral, Jumat (12/7/2019).

Digambarkan sebagai protein paling ramah lingkungan di dunia, Solein dibuat dengan menerapkan listrik ke air untuk melepaskan gelembung karbondioksida dan hidrogen. Mikroba hidup kemudian ditambahkan ke cairan untuk memakan karbon dioksida dan gelembung hidrogen dan menghasilkan Solein, makanan sehat ini yang kemudian dikeringkan untuk membuat bubuk

 solein

Ini adalah proses fermentasi alami yang mirip dengan pembuatan bir, tetapi membutuhkan reaktor khusus yang dilaporkan menyerupai lentera topan. Solein kering memiliki kandungan protein 50 persen, terlihat dan terasa seperti tepung gandum. Dapat digunakan dalam semua jenis diet dan dapat dicetak 3D untuk menambah tekstur.

“Ini adalah jenis makanan yang benar-benar baru, jenis protein baru, berbeda dengan semua makanan yang ada di pasaran saat ini dalam cara produksi, karena Solein tidak memerlukan proses pertanian atau akuakultur,” Dr Pasi Vainikka, kepala eksekutif Solar Foods mengatakan. "Ini menawarkan solusi terpadu yang dapat melayani setiap makanan atau diet, sambil juga menciptakan peluang untuk inovasi makanan baru di masa depan."

Proses yang digunakan untuk memproduksi makanan sehat satu ini yaitu dengan mengubah hidrogen dan karbon dioksida menjadi kalori. Ini juga 10 kali lebih hemat energi daripada dengan proses fotosintesis, dan 10 hingga 100 kali lebih ramah lingkungan dalam penggunaan air daripada produksi makanan hewani atau nabati.

“Salah satu alasan mengapa daging menjadi sangat penting bagi diet kita adalah karena daging merupakan sumber protein berkualitas tinggi. Solein - protein yang diproduksi oleh Solar Foods - juga mengandung semua asam amino esensial, tetapi karena diproduksi menggunakan karbon dioksida dan listrik, ia tidak memerlukan tanah dalam jumlah besar untuk memproduksi, "jelas situs web Solar Foods. “Karakteristik unik lain dari Solein adalah ia dapat mengambil karbon langsung dari karbon dioksida tanpa membutuhkan sumber gula. Proses lain yang memanfaatkan mikroba untuk produksi protein, misalnya albumen telur atau protein susu, membutuhkan lahan pertanian untuk menghasilkan sumber karbon. ”

 

Sementara Solar Foods tidak mengharapkan Solein untuk menantang metode produksi protein konvensional dalam dua dekade ke depan, ia mengharapkannya untuk menjadi "panen baru" bagi umat manusia, yang signifikan mengingat sejauh ini kami hanya mengandalkan tanaman dan hewan untuk makanan. Perusahaan yang berbasis di Helsinki ini berencana untuk membuka pabrik Solein pertamanya pada akhir 2021 dan meningkatkan produksi menjadi dua miliar makanan per tahun pada 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini