Ini Alasan Kenapa Kamu Tiba-Tiba Nangis, Masa Lalu Jadi Kuncinya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 12 Juli 2019 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 12 481 2078045 ini-alasan-kenapa-kamu-tiba-tiba-nangis-masa-lalu-jadi-kuncinya-pRiV5cpIHf.jpg Ilustrasi seorang perempuan menangis karena kesedihan yang mendalam (Foto: Clevelandclinic.org)

PERNAH merasa ingin menangis tanpa alasan yang jelas? Sampai saat ditanya orang, 'kenapa kamu menangis?' Anda tak bisa memberi jawabannya?

Perasaan seperti ini mungkin terjadi pada semua orang. Anda mungkin mencoba untuk menutupi perasaan tersebut, namun yang terjadi malah semakin dalam perasaan tersebut. Anda malah ingin menangis terus.

Lalu, apa yang sebenarnya terjadi dengan kondisi seperti itu? Apakah itu reaksi tubuh yang normal atau bisa menjadi pertanda suatu masalah serius dalam tubuh Anda?

Perempuan menangis karena sedih

Diterangkan Praktisi Emotional Healing Adjie Santosoputro, ketika Anda tiba-tiba dikunjungi suatu perasaan, tentu ada penyebab di baliknya. Hanya saja Anda tidak tahu apa alasannya. "Bisa jadi, perasaan itu bersumber dari perasaan masa lalumu yang belum tuntas kamu pulihkan," terang Adjie dikutip Okezone dari Medium Adjie Santosoputro.

Kesedihan itu bisa karena penolakan, kesepian karena kehilangan, atau kemarahan karena perpisahan. Beberapa orang menangani kondisi itu dengan cara yang terbatas yang ternyata tak sepenuhnya menyehatkan. Seperti misalnya membabi buta, menekan dan mendendamnya, mengalihkan perhatian dari perasaan tersebut, atau memberi makna atas kejadian yang dialami supaya menenangkan hati.

"Nah, perasaan-perasaan seperti itu masuk ke alam bawah sadar dan sewaktu-waktu bisa menerobos hingga keluar ke alam sadar," tambah Adjie.

Selain karena alasan itu, apakah ada alasan lain orang menangis tiba-tiba?

Menurut Adjie, mungkin benar kata tulisan Mark Wolynn di buku berjudul "It Didn't Start With You" di mana dijelaskan bukan semata Anda yang mencipta perasaan itu, namun perasaan orangtua di masa lalu yang belum tuntas mereka pulihkan. Kondisi itu seperti diwariskan ke Anda!

"Jadi, Anda bisa tiba-tiba menangis karena perasaan orangtua di masa lalu kembali muncul dan ada di benak Anda dan Anda tidak tahu secara pasti penyebabnya apa," ungkapnya.

Adjie juga percaya, ketika perasaan sedih itu muncul, bisa jadi itu sebuah tanda atau pengingat untuk Anda mau memulihkan rasa sakit, sedih, atau amarah di masa lalu. Dengan memulihkannya, Anda sudah mencegah perasaan itu tertular ke orang terdekat.

Nah, pertanyaan sekarang, ketika perasaan mau nangis itu keluar, apa yang harus dilakukan?

Adjie menyarankan untuk menangis saja. Tidak apa-apa ketika Anda menangis. Jangan menolak perasaan tersebut.

"Sadari tarikan dan embusan napasmu sambil berkata dalam hati. Jelasnya begini; Tarik napas, 'Aku sadar ini perasaan dari masa lalu...' Embuskan napas dan ucapkan kalimat ini, 'Diriku dan orangtuaku, tolonglah aku memulihkan perasaanku ini'. Begitu," tuturnya.

Tangis kesedihan seorang perempuan

Adjie menegaskan, dengan cara itu, Anda mulai berlatih merasa nyaman ditemani berbagai perasaan, untuk kelak Anda akan mampu selalu merasa di rumah di mana pun Anda menjejakkan langkah. Ingat untuk bersikap lembut kepada rasa sedih dan sepi. Pun, bersikap ramah pada tangis dan rasa marah.

"Ketika kamu bersikap welas asih kepada segala rasa yang datang, kamu tengah membantu dirimu sendiri dan juga membantu orangtuamu agar derita di dalam dirimu berkurang," tambahnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini