nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Rambut Tumbuh di Puting Payudara, Normalkah?

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 14 Juli 2019 00:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 12 485 2078228 ada-rambut-tumbuh-di-puting-payudara-normalkah-nZfaXhWrCr.jpg Ilustrasi (Foto: Thebreastarsite)

Sekujur tubuh manusia ditumbuhi oleh rambut. Namun pada bagian tubuh tertentu, rambut tersebut tidak terlihat dengan jelas. Biasanya rambut tumbuh dengan lebat di kepala, ketiak, tangan, kaki, dan alat kelamin. Tapi tak menutup kemungkinan rambut yang tumbuh terlihat jelas di bagian tubuh yang tak lazim seperti puting payudara.

Rambut di puting payudara biasanya tumbuh di sekitar areola. Beberapa orang mungkin menganggap itu adalah sesuatu yang tidak wajar. Padahal sebenarnya hal itu memang bisa saja terjadi dan termasuk normal. Melansir Cosmopolitan, Minggu (14/7/2019), seorang ginekolog dari New York, Alyssa Dweck, MD dan ahli bedah plastik, Marc Everett, MD mencoba menjelaskan alasan tumbuhnya rambut di puting payudara. Berikut ulasannya:

1. Rambut yang tumbuh di sekitar puting disebut nipple hair

Nipple hair tidak harus tumbuh dari bagian tengah puting. Biasanya lebih mungkin terlihat tumbuh di sekitar areola yaitu gundukan kulit yang lembut di sekitar puting.

 Wanita

2. Alasan tumbuhnya nipple hair

"Nipple hair tumbuh karena ada kelenjar kecil yang disebut kelenjar Montgomery. Kelenjar itu mengeluarkan bahan sebaceous yang dimaksudkan untuk melumasi dan menjaga kulit tetap lembab di sekitar puting sehingga tetap sehat untuk menyusui. Terkadang kelenjar ini menghasilkan sedikit rambut, dan itu benar-benar normal,” jelas Dr. Dweck.

3. Tidak ada jumlah pasti rambut yang tubuh di puting

Rambut di puting bisa tumbuh sangat sedikitk, tapi bisa pula cukup banyak. Tidak ada ukuran yang pasti. Namun yang jelas nipple hair biasanya terpisah, berwarna gelap, dan terkadang berminyak saat muncul melalui areola.

4. Tidak memprihatinkan

"Tumbuhnya rambut di puting dan areola tidak memerlukan kunjungan ke dokter atau memerlukan penyelidikan untuk kondisi medis yang tidak terdiagnosis. Satu-satunya alasan untuk mengunjungi dokter apabila terjadi folikulitis atau abses karena tumbuhnya rambut tersebut,” kata Dr. Everett.

5. Memberikan manfaat evolusi

"Nipple hair mungkin memberikan beberapa keuntungan evolusi untuk melakukan tugas-tugas seperti melumasi permukaan kulit dan mengeluarkan feromon," jelas Dr. Everett.

6. Perlu perhatian khusus jika terjadi peningkatan rambut puting dan gejala ketidakseimbangan hormon lainnya

Dokter Dweck menambahkan, jika rambut tumbuh di tempat-tempat lain yang tak wajar seperti bibir atas atau dagu pada wanita dan bersamaan dengan tumbuhnya rambut di puting maka itu membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut. Sebab itu bisa saja merupakan gejala yang dikaitkan dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS).

"Jika kadar testosteron wanita tiba-tiba sangat tinggi, maka bisa terjadi pertumbuhan rambut di tempat-tempat yang tidak biasa, termasuk dada dan puting,” ujarnya.

7. Nipple hair bisa dihilangkan

Rambut di puting bisa dihilangkan dan caranya cukup mudah. Hanya tinggal memotong rambut menggunakan gunting. Pilihan lainnya adalah waxing atau tweezing. Namun berhati-hatilah agar area di sekitar puting tidak menjadi merah, bengkak, atau terasa sakit setelahnya. Sebab hal itu bisa menyebabkan infeksi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini