Viral Bianglala dengan Kearifan Lokal, Mau Coba?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 13 Juli 2019 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 13 612 2078431 viral-bianglala-dengan-kearifan-lokal-mau-coba-oQPCBrqzGJ.jpg Viral bianglala dengan kearifna lokal (Foto: Wego)

BIANGLALA yang biasanya kita ketahui berbentuk besar seperti lingkaran raksasa dengan ketinggian yang bervariasi. Namun jauh sebelum ada bianglala modern, di Indonesia sudah ada lebih dulu bianglala dengan kearifan lokal yang baru-baru ini viral di media sosial.

Jika biasanya bianglala terbuat dari besi, namun bianglala tradisional justru terbuat dari balok-balok kayu yang disusun dengan kokoh. Permainan yang viral ini pun tak memerlukan generator untuk memutarkannya melainkan hanya dengan bantuan tenaga manusia. Namun sebenarnnya masyarakat di Desa Tenganan, Bali menyebut permainan ini sebagai ayunan.

Seperti yang terlihat dalam sebuah video singkat yang diunggah ke akun media sosial, Instagram. Beberapa pasak kayu dihubungkan hingga membentuk banyak tempat duduk bagi para penggunanya, terdapat dua buah kayu penyangga untuk menahan beban bianglala tradisional ini.

Untuk memainkan bianglala yang viral ini, terdapat dua orang pria yang siap berjaga untuk menarik dan menginjak balok kayu supaya dapat berputar. Jangan dikira tak menyeramkan ya, meskipun diputar hanya dengan menggunakan tenaga manusia, namun putaran dari bianglala ini terlihat cukup kencang.

Terbukti beberapa wanita berkebaya yang menjadi penumpang dalam bianglala ini terlihat melayang dengan cukup cepat. Sejak diunggah tiga hari yang lalu, postingan ini telah ditoton sebanyak 11.885 kali. Banyak dari netizen yang memberikan komentarnya terhadap bianglala tradisional ini.

“Berasa ngelihat putri kayangan lagi main ayunan jadi ingat dongeng ayah sblm tdr,” tulis akun @meey.thaya.

“Dia yang putar gua yang pegell,” tulis akun @natasyamaran.

Sementara akun @gungfitripandesugiarta menulis: “Itu salah satu rangkaian upacara adat saat anak gadis menginjak remaja...sepertinya begitu.”

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini