nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tokoh Penting yang Meninggal karena Kanker

Willi Zera Kertangi, Jurnalis · Minggu 14 Juli 2019 16:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 14 481 2078684 5-tokoh-penting-yang-meninggal-karena-kanker-5IwqAiC5C2.jpg Ani Yudhoyono meninggal akibat kanker (Foto: Inst)

Bagaimana reaksi Anda ketika mendengar kata kanker? penyakit kronis yang misterius ini bisa menyerang siapa saja, termasuk para artis dan tokoh penting lainnya. Perempuan dan laki-laki yang tua dan muda sama-sama berisiko.

 Sutopo

(Foto: Ist)

Laporan yang dirilis oleh International Agency for Research on Cancer untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan satu dari 5 laki-laki dan 1 dari 6 perempuan di dunia akan mengalami kanker. Berikut Okezone merilis daftar orang-orang penting di Indonesia yang meninggal karena kanker, siapa saja? Simak di bawah ini!

1. Sutopo Purwo Nugroho

Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia karena kanker paru meskipun juru bicara Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) tersebut diketahui hidup sehat termasuk tidak merokok.

Pihak BNPB sendiri menyangkal lingkungan kerjanya menyebabkan Sutopo terkena kanker karena mereka telah menerapkan peraturan Kawasan Tanpa Rokok.

Laki-laki kelahiran Boyolali, 7 Oktober 1969, ini pertama kali divonis mengidap kanker stadium 4 pada 17 Januari 2018 oleh seorang dokter ahli paru-paru. Semua berawal dari rasa nyeri di pinggang bagian kiri dan batuk yang tak kunjung sembuh, bahkan setelah diperiksa dokter. Ia sempat berpikir ada masalah dengan jantungnya. Saat diperiksa dokter, tidak ditemukan masalah. Jantung Sutopo dinyatakan sehat. Setelah mengalami kanker paru selama hampir dua tahun, Sutopo Purwo Nugroho dinyatakan meninggal dunia pada hari Minggu, 7 Juli 2019 pada usia 49 tahun.

2. Ani Yudhoyono

Kabar duka meninggalnya Ani Yudhoyono seketika membuat masyarakat Indonesia terkejut dan bersedih mengenang sosoknya sebagai ibu negara sekaligus wanita tangguh untuk keluarganya. Setelah empat bulan melawan kanker darah, Ani Yudhoyono, istri Susilo Bambang Yudhoyono meninggal dunia di National University Hospital Singapura, Sabtu (1/6/2019).

Jenis kanker yang diidap Ani Yudhoyono memengaruhi produksi dan fungsi sel darah. Jika seseorang mengidap penyakit ini, produksi atau fungsi sel darah pada tubuhnya tidak normal.

Meninggalnya Ani Yudhoyono disambut doa dari berbagai kalangan, mulai dari artis-artis, pengguna media sosial sampai keluarga besar Ani Yudhoyono.

 

3. Ustadz Arifin Ilham

Kabar duka datang dari keluarga Ustadz Arifin Ilham. Pengasuh Pondok Pesantren Az-Zikra tersebut dinyatakan meninggal dunia. Arifin meninggal dunia pada 22 Mei 2019 pukul 23.20 waktu Penang, Malaysia.

Ustadz Arifin meninggal saat sedang dirawat di rumah sakit karena penyakit kanker kelenjar getah bening dan kanker nasofaring. Sebelum menderita kanker, beliau juga menderita infeksi paru-paru.

Kabar itu disampaikan oleh Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym melalui pesan singkat. Arifin meninggal pada usia 49 tahun.

"Innaalillahi wainnaa ilaihi roji'uun. Telah wafat guru, sahabat kita, Ustad Arifin Ilham," kata Aa Gym dalam pesan singkat pukul 22.50 WIB, Rabu (22/5/2019).

4. Ainun Habibie

Istri dari Presiden ketiga BJ. Habibie, dr. Hj. Hasri Ainun Besari biasa dipanggil Hasri Ainun Habibie meninggal di Munchen, Jerman, 22 Mei 2010. Ainun menderita kanker ovarium dan pada tanggal 24 Maret 2010. Ainun Habibie masuk ke rumah sakit Ludwig-Maximilians-Universitt, Klinikum Grosshadern, Munchen, Jerman dan telah menjalani sembilan kali operasi.

Ainun dinyatakan meninggal dunia pada 22 Mei 2010 pukul 17.35 waktu Munchen, Jerman. Ainun meninggal setelah melewati masa kritis sekitar 1 hari di mana hidupnya ditopang oleh alat. Jenazah Hasri Ainun Habibie diberangkatkan tanggal 24 Mei 2010 dari Jerman dan tiba di Jakarta pada tanggal 25 Mei 2010 kemudian dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

5. George Toisutta

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal (Purn) George Toisutta meninggal dunia karena kanker usus. George dinyatakan meninggal dunia pada Rabu 12 Mei 2019

Sebelum meninggal dunia, Jenderal (Purn) George Toisutta sempat menjalani perawatan intensif di RSPAD. Namun, kanker usus yang dialami George membuatnya menghadap yang kuasa. Kabar meniggalnya George Toisutta pun di banjiri doa-doa dari rekan Angkatan Darat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini