nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Raisa Belum Mau Posting Foto Wajah Anak di Medsos, Psikolog: Itu Pilihan Tepat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 15 Juli 2019 10:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 15 196 2078911 raisa-belum-mau-posting-foto-wajah-anak-di-medsos-psikolog-itu-pilihan-tepat-XdtHsI7mcl.jpg Raisa belum mau posting anak ke media sosial (Foto : Ady/Okezone)

Sampai sekarang Raisa dan Hamish Daud tidak pernah memposting wajah anak mereka secara jelas di media sosial. Puteri kecil bernama Zalina Raine Wyllie itu masih dirahasiakan wajahnya dari publik.

Hal ini mengundang tanya masyarakat, kenapa seorang selebriti seterkenal Raisa dan Hamish Daud tak mempublikasi wajah anaknya? Berbeda dengan artis-artis lain yang malah dengan gamblang bisa membagikan wajah anaknya pasca dilahirkan?

Dalam sebuah momen, Raisa menjelaskan kalau dirinya masih merasa takut. Alasan ini diungkapkan Raisa berkaitan dengan hak privasi anaknya.

"Bagi aku, anak itu punya privasi dan itu hak dia. Sebelum akhirnya dia bisa menjawab apakah boleh wajahnya dipublish, aku nggak berani buat menghilangkan hak dia dalam hal privasi kehidupannya," ungkap Raisa pada awak media, beberapa waktu lalu.

Raisa dan anak

Namun, Raisa tidak kemudian menutupi dunia dari anaknya. Dia mengaku ketika di dunia sesungguhnya, ya, anaknya diperlakukan sama dengan manusia lain. Momen itu terjadi saat mereka liburan ke Bali.

Jadi, saat mereka makan, datang seorang pelayan restorannya berinisiatif untuk membantu Raisa untuk mengurus sang anak. Raisa mengizinkan si pelayan itu untuk membawa si anak, selagi dia makan. Jadi, ya, tidak kemudian benar-benar sang anak tidak diketahui banyak orang.

hamish bobo

Terlebih, Raisa juga lebih kepengin menghabiskan banyak momen dengan anaknya. Misalnya saat dia membawa Zalina lebaran bareng atau momen saat Zalina disusui sambil didengarkan lagu.

"Handphone aku isinya kebanyakan foto dia (Zalina) semua, ada 60 ribu foto," ungkap Raisa kemudian tertawa.

So, menyikapi hal ini, Okezone coba menanyakan keputusan Raisa pada Psikolog Mei Arianty. Apakah pilihan yang diambil Raisa benar atau malah merugikan sang anak?

Psikolog Mei menjelaskan, keputusan yang diambil Raisa dianggapnya sangat tepat. Upaya itu tentu meminimalisir bahaya di media sosial, seperti penculikan, menjadi incaran pedofilia, atau kejahatan lainnya.

"Perlu diketahui, saat orangtua membagikan foto sang anak di media sosial, mereka tanpa sengaja menempatkan si anak pada kondisi yang berbahaya, tepatnya di ranah media sosial," terang Psikolog Mei, Senin (15/7/2019).

Di beberapa negara seperti Jerman atau Prancis, di sana menerapkan aturan dilarang membagikan foto anak karena dianggap melanggar privasi anak, sehingga orangtua bisa dikenakan hukuman.

posting anak

Psikolog Mei menambahkan, mengunggah foto anak di media sosial biasanya bentuk lain dari mengesploitasi anak, karena bukankah sebaiknya orangtua lebih fokus untuk membesarkan anak dan mengembangkan potensi anak ketimbang sibuk mengunggah foto anak ke media sosial?

"Mungkin sesekali boleh, namun jangan sampai orangtua kebablasan, sehingga akhirnya lebih sibuk "mengurus" si kecil di dunia maya ketimbang di dunia nyata, yang dikhawatirkan adalah kondisi anak yang nyata tidak sebaik dan sehebat yang di dunia maya," tegas Psikolog Mei.

Psikolog Mei juga coba memberikan fokus pada pilihan Raisa dalam meng-capture momen dan lebih memilih merahasiakan itu semua untuk dia dan suami, pun keluarga mereka.

Bagi Psikolog Mei, itu pun keputusan yang benar. Orangtua boleh sesekali memfoto momen tumbuh kembang sang anak atau momen tertentu lainnya, tapi 'setting' keluarga atau hanya bisa diketahui keluarga adalah pilihan yang baik.

"Namun kalau dirasa tidak terlalu bermanfaat, lebih baik orangtua menahan diri untuk tidak perlu mengunggah buah hati ke media sosial," papar dia.

posting anak ke sosmed

Psikolog Mei coba menyarankan untuk ada baiknya orangtua tetap fokus ke tumbuh kembang anak. Perlu ditegaskan di sini, internet digunakan buat mencari tahu tentang bagaimana pola asuh yang baik atau cari tahu tentang tumbuh kembang anak dan hal-hal yang bermanfaat lainnya buat anak.

"Sedangkan, waktu orangtua sebaiknya dihabiskan lebih banyak untuk momen kebersamaan dengan si anak dibanding sibuk mengunggah foto-foto si anak di media sosial," terang Psikolog Mei.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini