Viral Daftar Menu Bertulis Tangan di Kelas Bisnis Garuda Indonesia, Ini Kronologinya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 15 Juli 2019 03:19 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 15 298 2078858 viral-daftar-menu-bertulis-tangan-di-kelas-bisnis-garuda-indonesia-ini-kronologinya-nw7nowj2Wb.jpg Instagram story Rius Vernandes tentang daftar menu bertulis tangan (Foto: priambodo/Twitter)

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia kembali diterpa kabar tidak menyenangkan. Setelah sempat viral lantaran menyajikan menu fast food pada kelas bisnis, maskapai tersebut tersebut kembali menuai kritikan tajam dari salah satu penumpangnya.

Berdasarkan unggahan foto milik akun Twitter @priambodo, seorang penumpang bernama Rius Vernandes mengkritik keras tindakan awak kabin yang memberikan buku menu berupa secarik kertas dengan tulisan tangan.

 Daftar menu

"Menu yang dibagiin tadi di Business Class @garuda.indonesia tadi dari Sydney - Denpasar," tulis Rius.

Ia juga menambahkan sebuah kutipan perbincanganya dengan salah satu awak kabin yang mengatakan bahwa buku menu masih dalam proses percetakan.

Hal ini sontak membuat jagat maya heboh. Banyak netizen yang mulai mempertanyakan kredibilitas Garuda Indonesia setelah rentetan isu miring menghantam maskapai tersebut secara bertubi-tubi.

Setelah polemik masalah laporan keuangan yang berujung denda, tahun ini Garuda Indonesia juga harus terlempar dari peringkat 10 besar maskapai penerbangan terbaik di dunia versi Skytrax.

Peringkat Garuda dalam jajaran maskapai top dunia harus turun tiga peringkat ke posisi 12 dalam pemeringkatan yang diberikan Skytrax tahun ini. Pada tahun lalu, Garuda berada diperingkat 9. Ranking ini menandakan posisi terendah Garuda sejak tahun 2012. Padahal, Garuda sempat mencapai posisi tertinggi di peringkat 7 pada 2014.

 Twitter

Kembali berbicara pengalaman tidak mengenakkan yang baru saja dialami Rius Vernandes, pemilik akun Twitter Priambodo menyebutkan bahwa Rius telah melanggar business ethics mengingat sang influencer tengah menjalin kerjasama dengan Singapore Airlines.

Terlepas dari kritikan tajam yang ditujukan kepada Rius, Okezone mencoba menilik lebih dalam kasus 'menu bertulis tangan' yang berhasil menarik perhatian sejumlah kalangan. Tidak hanya netizen, sejumlah selebtwit, bahkan Chef Arnold Poernomo pun turut menyampaikan pendapatnya.

 Twitter

Tanggapan pertama datang Pakar Kuliner Nusantara Arie Parikesit, dalam cuitannya, ia turut menyuarakan keluhan Rius dengan kalimat yang cukup menohok.

"Sering-sering aja ya @IndonesiaGaruda. Ini CEO sama direksinya gug malu apa ya? Carmuk caper aja diurusin kemarin, yang essential gini bagian dari GA Experience bisa missed, ckckck," tulis Arie.

 Twitter

Cuitan tersebut langsung ditanggapi akun twitter resmi Garuda Indonesia. Mereka mengklaim bahwa kertas menu yang diterima Rius merupakan catatan pribadi awak kabin.

"Dapat kami sampaikan bahwa ini bukan kartu menu untuk penumpang, melainkan catatan pribadi awak kabin yang tidak untuk disebarluaskan. Terima kasih," tulis sang admin membalas kritikan Arie.

Tanggapan selanjutnya datang dari Arnold Poernomo yang diketahui telah lama menjalin hubungan persahabatan dengan Rius. Arnold mengkritik cuitan Priambodo karena dianggap terlalu berlebihan dan terkesan 'pansos' (panjat sosial).

"Lol, kalo mau pansos ga gt juga si bro..pecat kanan kiri...org ngereview secara netral malah membuat opini lain," cuit Arnold.

 Twitter

Merasa argumentasinya valid, Priambodo tetap bersikeras bahwa Rius telah menyalahi etika bisnis dengan melakukan 'review' tanpa embel-embel 'disclaimer'.

"Siap, mas. kalau netral sebaiknya ada disclaimer seperti ini: the opinion expressed is vlogger's owned & not affected with other brand that he is associated with. Vlogger does not receive any compensation in any form from other competing brand in presenting his review," jawab Priambodo.

Kasus ini semakin bertambah panas setelah ratusan netizen turut menyuarakan pendapatnya.

 Twitter

"Tuch kan buzzer dan influencer jadi orang paling jahat dalam industri saat ini," tulis akun @rezrezti

"Percaya gitu dengan keterangaannya @IndonesiaGaruda??? Kalau catatan pribadi, kok rajin sekali pakai formatting seperti header align tengah, dll?? Sebaiknya orang yg mengambil foto memberikan penjelasan resmi," tulis akun @idarmadi

"Lah kalo emang makin jelek kualitasnya gimana? Masa gaboleh dikritik. Wajar lah bayar mahal juga dapet service begitu. Harga naik gila-gilaan tapi service turun gila-gilaan. Di Skytrax juga turun jadi bintang 4, juga terlempar dari 10 besar world best airline," tulis akun @Gusde_IBWU

Hingga berita ini dituliskan, Okezone masih mencoba melakukan konfirmasi dengan pihak Garuda Indonesia untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut. (tam)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini