nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Danau Biru di Siberia, Travel Blogger dan Influencer Berbondong-bondong ke Sana

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 15 Juli 2019 18:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 15 406 2079097 viral-danau-biru-di-siberia-travel-blogger-dan-influencer-berbondong-bondong-ke-sana-jLN0QuarBA.jpg Danau biru Siberia (Foto: Siberian Times)

BELUM lama ini para blogger dan travel influencer dunia tengah berbondong-bondong untuk pergi melihat danau yang belakangan viral. Berbeda dengan danau pada umumnya, warna air yang biru seperti di resort tropis menghadirkan nuansa baru di Siberia.

Sayangnya, Anda tidak bisa melakukan aktivitas berenang di danau ini. Meskipun berwarna biru cerah dan menggoda, danau yang viral ini adalah tempat pembuangan abu sebuah pembangkit listrik di Siberia.

Warna biru cerah yang indah dipandang mata adalah hasil dari reaksi kimia dengan garam, kalsium dan oksida dari berbagai logam yang dilarutkan dalam air. Ini adalah sebuah pemnadangan yang agak umum di area pembuangan pembangkit listrik yang selama ini beroperasi dengan batubara coklat.

 Danau siberia

Sebagaimana dilansir RT, Senin (15/7/2019) keindahan yang tak dapat dipungkiri ini dengan cepat menyebar dan menjadi salah satu spot menarik untuk diunggah ke dalam Instagram. Danau eksotik ini bisa ditemukan dengan mudah. Cukup dengan melakukan perjalanan selama 10 menit dari kota Novosibirsk yang merupakan rumah bagi hampir 1,5 juta orang.

Tak sedikit blogger serta influencer kelas dunia melakukan pemotretan di danau yang disebut dengan “Siberia Maldives” dalam beberapa minggu terakhir. Banyak mereka yang mengatakan danau ini menyerupai negeri dongeng, namun ada juga yang mengatakan danau tersebut memiliki bau seperti deterjen bubuk.

 Viral

Beberapa orang lainnya juga ada yang menyebut tempat ini sebagai danau viral ini mematikan. Uap beracun, tanaman kering dan burung camar biru menjadi pemandangan umum di tempat ini. Bahkan ada juga yang membandingkan tempat ini dengan Chernobyl yang terkenal mematikan.

Sebuah acra TV, baru-baru ini menghubungkan danau indah ini dengan kecelakaan nuklir pada 1986 di Uni Soviet. Kabarnya pembangkit listrik telah menggali danau ini untuk kebutuhannya sendiri. Perusahaan pembangkit listrik Siberia mengatakan bahwa tidak ada radiasi di daerah tersebut.

Air berwarna biru tersebut juga tidak beracun, tetapi dapat menyebabkan reaksi alergi setelah kontak dengan kulit manusia karena mineraliasi yang tinggi. Perusahaan juga memperingatkan bahwa reservoir memiliki dasar berlumpur tapi bisa membuat seseorang keluar dari air tanpa bantuan.

Danau buatan manusia ini cukup dalam hingga mencapai dua meter yang juga memiliki warna yang unik. Sejauh ini belum ada laporan kematian atau cedera. Namun, beberapa blogger mengatakan masuk ke dalam danau bisa menjadi sebuah masalah yang besar karena pemerintah berusaha membatasi akses masuk ke dalam situs.

Namun, beberapa foto-foto baru yang memperlihatkan danau dengan air biru tersebut telah banyak bermunculan di internet. So, apakah Anda tertarik untuk datang dan berkunjung ke tempat ini?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini