nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Liburan ke Taiwan? Simak Dulu 7 Tipsnya

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 15 Juli 2019 19:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 15 406 2079173 ingin-liburan-ke-taiwan-simak-dulu-7-tipsnya-gD9lwcma4h.jpg Wisata balon udara di Taiwan (Foto: Tiara Putri/Okezone)

Sekarang ini, semakin banyak masyarakat Indonesia yang senang liburan ke luar negeri. Destinasi liburan yang dipilih pun beragam, tergantung dari selera dan keinginan masing-masing. Misalnya saja saat hendak Taiwan.

Jika Anda berencana ke Taiwan, jangan lupa untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya. Entah itu transportasi, tempat penginapan, makanan, cuaca, maupun hal-hal lainnya.

Hingga saat ini, bisa dikatakan kawasan Asia masih menjadi salah satu destinasi liburan yang ramai dikunjungi oleh masyarakat Tanah Air. Oleh karenanya untuk beradaptasi tidak terlalu sulit. Tapi tetap ada hal-hal yang perlu diperhatikan.

 Wisata Taiwan

Apabila Anda berencana mengunjungi Taiwan dalam waktu dekat, ada beberapa tips yang bisa dijadikan panduan. Berikut ulasannya yang Okezone rangkum:

Waktu terbaik

Taiwan merupakan negara dengan 4 musim. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah akhir Februari hingga bulan April. Sebab di sana sedang musim semi dan banyak bunga bermekaran dengan sangat indah. Obyek wisata yang tak boleh terlewatkan di waktu itu adalah Wuling Farm karena bisa melihat bunga sakura.

Sedangkan waktu yang tidak disarankan adalah bulan Juli hingga Oktober. Ada beberapa hal yang melatarbelakanginya. Pertama, di waktu itu Taiwan sedang musim panas dan suhunya bisa mencapai 41°C. Kedua, tingginya suhu membuat pemandangan di sejumlah wisata alam jadi kurang menarik. Ketiga, ada kemungkinan munculnya angin topan.

 Wisata Taiwan

Tujuan wisata

Sebagian besar masyarakat Indonesia senang mengunjungi tiga kota besar di Taiwan yaitu Taipei, Taichung, dan Kaohsiung yang berada di bagian barat. Alasannya karena ketiga kota itu dekat dengan pusat perbelanjaan, banyak night market, rasa makanan cocok di lidah karena banyak restoran yang bisa dijadikan pilihan, serta banyak atraksi menarik yang bisa dilakukan. Namun bagian timur juga tak kalah menarik. Daerah seperti Taitung dan Hualien menawarkan obyek wisata alam yang indah.

Keamanan

Menyangkut urusan keamanan, wisatawan tidak perlu khawatir. Taiwan adalah negara yang aman dan jarang pencurian maupun tindak kriminal. Kalau pun ada pencopetan atau hal buruk lainnya, besar kemungkinan itu dilakukan bukan oleh penduduk sana. Meski begitu, wisatawan tetap harus waspada dan berhati-hati.

 Wisata Taiwan

Bahasa

Penduduk Taiwan menggunakan Bahasa Mandarin untuk berkomunikasi sehari-hari. Tapi banyak pula yang bisa berbahasa Inggris sehingga wisatawan tak perlu merasa khawatir. Kendala bahasa bisa disiasati dengan mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya di internet atau mengunjungi pusat informasi bagi wisatawan.

Penginapan

Wisata Taiwan

Kebutuhan akomodasi seperti hotel sudah sangat banyak di Taiwan sehingga wisatawan tidak perlu bingung mencari tempat untuk beristirahat. Namun satu hal yang perlu menjadi catatan, jarang sekali hotel di sana yang memiliki kapasitas lebih dari dua orang. Kalau pun ada jenis kamarnya adalah family room. Kebijakan itu diterapkan demi alasan keselamatan.

Transportasi

Wisata Taiwan

Untuk bepergian selama berada di Taiwan, wisatawan bisa menggunakan transportasi umum seperti MRT dan bus. Di sana ada 5 line MRT sehingga tidak terlalu sulit untuk dipelajari. Selain itu, ada pula kereta jarak antar kota dan cukup banyak. Sebut saja Tzu-Chiang, Puyuma, Taroko, dan highspeed rail.

Restoran

Wisata Taiwan

Bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam tidak perlu khawatir soal makanan. Di sana sudah banyak restoran yang menyiapkan menu halal. Rasanya pun cocok di lidah.

Selain itu, banyak pula night market yang menjual street food tak kalah lezat. Namun apabila khawatir makanan tersebut mengandung daging babi, bisa ditanyakan "chu ro ma?" yang artinya "Apakah ada daging babinya?" Jika penjual menggeleng, makanan tersebut bisa dikonsumsi. Namun jika penjual mengangguk, maka makanan itu tidak halal.

1
2

Berita Terkait

Wisata Taiwan

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini