nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Khasiat Tak Terduga Daun Mangga untuk Kesehatan Tubuh

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 15 Juli 2019 01:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 15 481 2078831 6-khasiat-tak-terduga-daun-mangga-untuk-kesehatan-tubuh-HWW06xwGaB.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Tanaman yang tumbuh di sekitar dan tidak berbahaya seringkali dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Entah itu buahnya kalau ada, batangnya, maupun daunnya. Salah satu tanaman yang sering dimanfaatkan adalah mangga.

Selama ini tanaman mangga yang paling sering dimanfaatkan hanyalah buahnya saja. Buah mangga memang mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tapi tahukah Anda jika sebenarnya daun mangga juga memberikan manfaat kesehatan yang tak kalah hebat?

 Tanaman

Melansir Boldsky, inilah 6 manfaat kesehatan dari daun mangga:

1. Mengontrol diabetes tipe 2

Daun mangga dianggap berguna untuk mengendalikan diabetes karena mengandung tanin yang disebut antosianidin. Zat tersebut membantu pengobatan diabetes. Untuk mendapatkan manfaat ini, biasanya daun mangga dikeringkan lalu dijadikan bubuk atau digunakan sebagai infus untuk mengobati diabetes.

2. Meningkatkan fungsi kognitif

Masih berkaitan dengan manfaat terhadap diabetes tipe 2, daun mangga juga bisa mencegah terjadinya demensia. Diabetes tipe 2 seringkali meningkatkan faktor risiko penyakit Alzheimer dan demensia vascular. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Brain Pathology, ekstrak daun mangga meningkatkan patologi sentral dan mencegah gangguan kognitif pada pasien diabetes tipe 2.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Menurut sebuah penelitian di Journal of Hospital Medicine Mesir, mangga membantu menurunkan tekanan darah tinggi karena memiliki sifat hipotensi. Konsumsi daun mangga membantu memperkuat pembuluh darah dan mengobati varises.

4. Mengobati asma

Masalah pernapasan termasuk asma dapat diobati dengan bantuan daun mangga. Orang yang menderita bronkitis, asma, dan pilek dapat meminum rebusan daun mangga yang dicampur dengan air dan sedikit madu.

5. Menyembuhkan disentri

Sifat antibakteri dan antimikroba daun mangga efektif terhadap bakteri Staphylococcus aureus dan Salmonella typhimurium. Staphylococcus aureus adalah patogen bakteri yang menyebabkan berbagai infeksi dan Salmonella typhimurium juga merupakan penyebab utama infeksi bakteri pada manusia.

6. Meningkatkan kesehatan perut

Daun mangga memiliki sifat gastroprotektif yang melindungi perut dari berbagai penyakit lambung. Untuk mendapatkan manfaatnya, cobalah memasukkan beberapa lembar daun mangga ke segelas air hangat dan biarkan semalaman. Kemudian pagi harinya saring air dan minum.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini