nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Heboh Teknik Plester Mulut Andien saat Tidur, Ini Kata Dokter

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 15 Juli 2019 18:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 15 481 2079214 heboh-teknik-plester-mulut-andien-saat-tidur-ini-kata-dokter-HetIIXrqg2.jpg Andien dan keluarga menerapkan teknik Buteyko (Foto: andienaisyah/Instagram)

Beberapa hari lalu, teknik pernapasan Buteyko ramai diperbincangkan. Hal ini dikarenakan penyanyi Andien mempopulerkan teknik tersebut melalui media sosial pribadinya.

Ibunda Kawa itu mengatakan jika sudah sejak lama ia mencoba teknik pernapasan sebelum tidur dengan memplester mulutnya guna meningkatkan kualitas tidur. Menurut Andien, teknik itu memberikan sejumlah manfaat seperti tidur lebih nyenyak, tubuh menjadi lebih segar ketika bangun, dan bau mulut hilang.

 Mulut diplester

Sekadar informasi, teknik Buteyko yang dilakukan oleh Andien itu diperkenalkan pada tahun 1950-an oleh seorang dokter bernama Konstantin Pavlovich Buteyko. Dokter tersebut mengatakan apabila seseorang diajarkan untuk bernapas dengan benar melalui hidung, maka dirinya akan terhindar dari masalah paru-paru. Salah satu caranya adalah menutup mulut dengan plester saat tidur.

Teknik Buteyko dianggap dapat membantu seseorang dengan masalah tidur seperti mendengkur karena mencegahnya bernapas melalui mulut. Mendengkur biasanya terjadi apabila seseorang mengalami obstructive sleep apnea (OSA).

Salah satu faktor pemicunya karena mulut terbuka sewaktu tidur. Dengan menutup mulut menggunakan plester, maka bisa membantu menghindari terjadinya sleep apnea, gangguan serius pada pernapasan yang terjadi saat seseorang tidur.

 Mulut diplester

Namun apakah benar teknik itu benar-benar bekerja untuk mengatasi sleep apnea? Praktisi kesehatan tidur, dr Andreas Prasadja, RPSGT dari Klinik Gangguan Tidur Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran memberikan jawabannya.

“Kalau saya sih bebas-bebas saja, silakan dicoba. Kalau memang berhasil, membuat tubuh lebih segar saat bangun, pasangan bilang suara ngoroknya hilang, ya syukur,” ujarnya saat ditemui Okezone dalam sebuah acara di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat belum lama ini.

Namun dokter yang akrab disapa Ade itu mengingatkan jika masalah terus berlanjut setelah mencoba teknik Buteyko seperti merasa lelah saat bangun tidur dan siang hari cenderung mengantuk, maka tetap harus memeriksakan diri ke dokter.

Sebab bisa saja ada penyakit tidur yang serius seperti sleep apnea yang harus segera ditangani. Sebab penyakit tersebut dapat mengakibatkan hipertensi, diabetes, jantung, stroke, impoten, dan bahkan kematian.

“Mungkin teknik itu bekerja di dia, tapi belum tentu bekerja dengan baik di orang lain. Kalau setelah dicoba masalah tidurnya belum membaik, ya lebih baik periksa,” tandas dr Ade.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini