Share

Semakin Digemari Banyak Kalangan, Ini Keunikan Ikan Guppy

Dinno Baskoro, Jurnalis · Selasa 16 Juli 2019 22:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 16 196 2079791 semakin-digemari-banyak-kalangan-ini-keunikan-ikan-guppy-4zUNIawbGr.png Keunikan ikan guppy (Foto: Smartaquarium)

KEISTIMEWAAN ikan guppy banyak diminati banyak kalangan di Indonesia. Sampai-sampai ada kontes yang dihelat untuk saling mendekatkan para anggota komunitasnya.

Kalau sudah berkumpul bersama dalam kesempatan kontes, tentunya menjadi salah satu energi positif bagi penggemar ikan guppy. Setiap hari bahkan orang yang koleksi ikan ini semakin bertambah banyak.

Lewat Swasti International Guppy Festival 2019 yang digelar di Yogyakarta, pencinta ikan guppy bisa saling bertukar pikiran sekira tiga hari, mulai 13 dan 14 Juli 2019 lalu.

Ikan Guppy

Menariknya, lebih dari 200 farm dari seluruh dunia, dari yang kecil sampai besar, menghadiri kontes ikan guppy. Banyak aktivitas yang dilakukan mulai dari sekedar hiburan sampai ajang lelang ikan guppy. 

Dikatakan President of Indonesian Guppy Popularized Association (IGPA) Sahlan Rosyadi, ketika antusiasme pencinta guppy antusias menghadiri perhelatan ini, maka besar sekali dampaknya untuk perekonomian masyarakat.

Bahkan, ikan kecil berwarna-warni ini diakui menjadi salah satu ikan paling eksotis. Tak hanya itu, guppy juga mudah beradaptasi di lingkungan baru dan berkembangbiak. Dahulu, ikan yang suka berkerumun ini pernah berharga sangat mahal sehingga ikan guppy dapat menjadi salah satu industri baru. 

"Ikan guppy dapat menjadi salah satu industri tersendiri di Indonesia. Oleh karena itu, akses terhadap informasi pendekatan modern dalam pengelolaan farm dan akses untuk memiliki ikan berkualitas internasional melalui mekanisme lelang kemarin," ucap Sahlan. 

Untuk kontesnya, banyak peserta yang ikut dari negara-negara ASEAN. Ada 1.000 peserta dari Thailand, Taiwan, Filipina, Cina, Malaysia, Singapura, Srilanka dan Indonesia. 

Ditentukan pula tiga pemenang yang menjuarai kontes ini. Mereka adalah Tim BD Pekalongan sang juara umum dari Indonesia, Ching Hsiang Chung pemenang best show of dari Taiwan, serta pemenang utama dijuarai oleh Marco Chen dari Taiwan. 

"Lewat kontes ini diharapkan jadi sebuah langkah besar untuk menjadikan ikan guppy Indonesia semakin dikenal di kancah internasional," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini