nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

11 Negara Bakal Usung Ciri Khas Tradisional di Solo Batik Carnival 2019

Bramantyo, Jurnalis · Selasa 16 Juli 2019 14:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 16 406 2079561 11-negara-bakal-usung-ciri-khas-tradisional-di-solo-batik-carnival-2019-26HwNX5H7T.jpg Solo Batik Carnival (Foto: solobatikcarnival_official/Instagram)

Sebelas negara bakal mengikuti Solo Batik Carnival (SBC) 2019. Negara yang akan hadir di event peninggalan Presiden Jokowi saat masih menjadi Walikota Solo ini di antaranya Filipina, Malaysia, Myanmar, dan Brunei Darussalam.

Kemudian Laos, Vietnam, Kamboja, Timor Leste, Thailand dan Singapura dan Indonesia sebagai tuan rumah. Dalam Solo Batik Carnival yang bakal digelar 27 Juli nanti, 11 negara tersebut bakal menampilkan ciri khas negaranya masing-masing.

 Poster

Sedangkan tema SBC kali ini adalah "Suvarna Bhumi the Golden of ASEAN", di mana Suvarna Bhumi sendiri memiliki arti 'Negara Emas'.

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, perhelatan SBC ini sebagai upaya memperkenalkan Kota Solo pada dunia internasional. Pasalnya, selama ini, hanya Bali saja yang dikenal oleh wisatawan, terutama wisatawan asing.

 Poster

"Solo ini ya Indonesia, yang memiliki beragam seni dan budaya termasuk bangunan cagar budayanya yang menjadi pusat kebudayaan Jawa di Indonesia," papar Rudy saat ditemui baru-baru ini.

Tak hanya memperkenalkan Solo di dunia internasional, melalui ajang SBC ini pun sebagai salah satu upaya meyakinkan UNESCO bila kota yang pernah dipimpin Presiden Jokowi selama dua periode ini layak ikut dalam kompetisi menjadi kota kreatif, seni dan pertunjukan.

"Untuk SBC sebagai seni pertunjukan bisa dinikmati oleh masyarakat manapun," kata Rudy.

Senada dengan Rudy, Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta Hasta Gunawan mengatakan Batik Solo Carnival ini telah masuk dalam 100 top event pariwisata nasional di Indonesia.

"Jadi kita berharap penyelenggaraan SBC mampu meningkatkan wisatawan datang ke Solo," pungkas Hasta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini