9 Cara Mudah Buat Lawan Bicara Kesal saat Ngobrol

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 16 Juli 2019 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 16 612 2079545 9-cara-mudah-buat-lawan-bicara-kesal-saat-ngobrol-s3CSyXKLYT.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BERCENGKRAMA adalah kegiatan yang disenangi oleh banyak orang. Terutama jika mereka menemukan seseorang yang nyambung untuk diajak berbicara. Entah itu karena topik pembicaraan maupun kesamaan pola pikir.

Akan tetapi, mengobrol terkadang bisa terasa menyebalkan ketika lawan bicara melakukan kesalahan-kesalahan. Ya, dalam mengobrol terkadang orang suka melakukan kesalahan yang tidak disadarinya.

Emilie Dulles, seorang praktisi etiket tradisional yang memiliki pengalaman lebih dari 29 tahun, mengungkapkan ada beberapa kesalahan yang malah bisa mengganggu lawan bicara. Melansir Reader’s Digest, inilah kesalahan dalam mengobrol yang mengganggu :

Tak jarang lawan bicara sebenarnya ingin berbagi cerita tentang dirinya.

Terlalu banyak sarkasme

Kata-kata sarkasme seringkali menyakiti hati lawan bicara, terutama jika dirinya belum mengtahui selera humor orang yang melontarkan lawan bicara. Oleh karenanya, sebelum mengucapkan kata-kata bernada sarkasme, perhatikan lawan bicara dan tentukan apakah itu waktu atau tempat yang tepat.

Hanya berbicara tentang diri sendiri

Membicarakan diri sendiri saat berbicara dengan orang lain dapat membuat seseorang terlihat narsis dan tidak memedulikan lawan bicara serta perasaannya. Pengalaman dan perasaan semua orang sama pentingnya dalam pembicaraan. Tak jarang lawan bicara sebenarnya ingin berbagi cerita tentang dirinya.

Sibuk saat berbicara

Setiap orang ingin diperhatikan, termasuk saat berbicara. Apabila lawan bicaranya terlalu sibuk dengan ponsel, maka bisa menyebabkan seseorang merasa kesal. Bahkan dia bisa merasa dirinya membosankan karena lawan bicara tidak tertarik untuk bicara serius dengannya.

Harus selalu benar

Percakapan bisa berubah menjadi lebih banyak perdebatan. Di saat itu, masing-masing pihak tentu ingin mengemukakan pendapat yang dianggapnya baik. Tapi akan sangat menyebalkan jika lawan bicara selalu merasa pendapatnya harus benar.

Menyela pembicaraan

Menjadi pendengar yang baik dalam sebuah pembicaraan tidaklah mudah. Banyak orang yang senang menimpali padahal lawan bicaranya belum selesai menceritakan atau mengungkapkan pemikirannya. Menyela pembicaraan adalah kesalahan yang sering dilakukan tanpa disadari dan itu dapat membuat jengkel.

Menyela pembicaraan adalah kesalahan yang sering dilakukan tanpa disadari dan itu dapat membuat jengkel.

Mengubah setiap percakapan menjadi gosip

Bergosip memang bisa terasa menyenangkan. Tapi bukan berarti semua pembicaraan harus mengarah kepada gosip. Sebab ada waktunya seseorang ingin membicarakan sesuatu yang lebih serius dibanding sesuatu yang belum terbukti kebenarannya.

Mengajukan pertanyaan menyelidik

Tak jarang saat lawan bicara menceritakan sesuatu ada rasa ingin tahu yang begitu besar. Biasanya untuk mengetahui lebih lanjut, akan ada pertanyaan-pertanyaan. Namun tak jarang pertanyaan itu bersifat menyelidik dan terlalu pribadi sehingga kurang pantas untuk ditanyakan. at lain ini juga akan membuat Anda tidak berada dalam situasi yang canggung .

Membuat komentar yang tidak pantas

Saat mengobrol santai, candaan menjadi sesuatu yang wajar. Namun ada kalanya itu menjadi tidak pantas untuk didengar karena menyakiti orang lain. Cobalah untuk menghormati batasan dan sensitivitas lawan bicara saat bercanda.

Cobalah untuk menghormati batasan dan sensitivitas lawan bicara saat bercanda.

Tidak membaca situasi

Topik, nada bicara, dan volume pembicaraan terkadang bisa membuat pembicaraan menjadi salah paham. Hal ini dikarenakan pihak yang berbicara tidak bisa membaca situasi lawan bicara. Entah mereka sedang sedih, kesal, atau bahagia.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini