nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini 8 Jenis Keluarga Besar Dimsum, Mana yang Paling Kamu Suka?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 17 Juli 2019 16:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 17 298 2080122 ini-8-jenis-keluarga-besar-dimsum-mana-yang-paling-kamu-suka-t3cyscTMEW.JPG Aneka dimsum (Foto: Leonardus Selwyn/Okezone)

Menikmati makanan hangat dengan cita rasa yang khas bisa menjadi teman yang baik ketika Anda tengah bersantai bersama orang terkasih. Salah satu makanan bercitarasa tinggi dan bisa menjadi camilan yang menarik adalah dimsum.

Beberapa dari Anda mungkin sangat suka dengan makanan yang satu ini, khususnya para wanita yang kerap menghindari makanan berat. Biasanya seseorang suka kalap ketika menyantap dimsum, pasalnya dimsum memiliki ukuran yang relatif kecil sehingga tidak akan puas apabila memakannya hanya beberapa buah.

Sebagaimana diketahui dimsum berasal dari Bahasa Mandarin yakani Dianxin yang memiliki arti makanan kecil yang bisa dinikmati saat sarapan maupun brunch. Makanan yang sangat populer dari Hong Kong ini memang selalu memberikan kesan tersendiri kala dikonsumsi.

 Dimsum

Sous Chef Millennium Hotel Sirih Jakarta, Suparjan mengatakan aneka dimsum yang dibuatnya merupakan makanan yang diolah menggunakan resep lama. Tentunya resep yang sudah ada sejak lama ini menghasilkan citarasa konsisten yang tidak berubah.

“Dimsum yang ditampilkan merupakan resep-resep lama. Dimsum tak bisa diubah karena ini resep sudah sejak lama yang dikhususkan untuk makan siang. Saya hanya menambah bebek panggang dan bubur khas Chinesse,” ucap Chef Suparjan kepada Okezone, Selasa 16 Juli 2019.

Lebih lanjut, Chef Suparjan mengatakan bahwa menu dimsum yang paling menjadi favorit masyarakat adalah hakau, siomay dan kaki ayam. Menu tersebut adalah yang paling sering dipesan orang yang datang saat menikmati dimsum.

“Sebenarnya ada juga yang menyajikan cumi dan sayap ayam. Dulu pakai sirip ikan hiu tapi sekarang sudah tidak bisa lagi karena dilindungi. Dimsum sebenarnya agak rumit karena akan berubah bentuk. Kayak lumpia kulit tahu cuman bisa bertahan 30 menit sebelum kulitnya berubah bentuk dan menjadi tidak renyah,” lanjutnya.

Chef Suparjan menambahkan bahwa ham sui kok bisa bertahan tiga jam sebelum bentuknya berubah. Sementara siomay juga rasa dan bentuknya akan berubah ketika baru diangkat dan setelah mulai dingin.

Dimsum yang disajikan pun memiliki berbagai varian yang unik dan menarik perhatian untuk disantap. Berikut ulasannya:

1. Ham Sui Kok

 Dimsum

Makanan ini masuk ke dalam kategori dimsum kering. Bagian luar makanan ini dibuat dari tepung ketan sehingga menimbulkan tekstur renyah, sedikit kenyal dan manis. Sementara untuk isiannya menggunakan daging ayam yang dicincang. Ham Sui Kok memiliki citarasa yang unik dan berbeda dibandingkan dengan menu dimsum lainnya.

2. Hakau

 Dimsum

Dimsum ini paling terkenal di antara menu lainnya. Beberapa orang mengenal makanan ini dengan sebutan dumplings. Kulit hakau bernama putih cenderung transparan dengan isian daging udang di dalamnya. Hakau akan semakin nikmat apabila dimakan dengan cocolan saus.

3. Siomay

 Dimsum

Mungkin menu yang satu ini sudah tidak asing lagi. Siomay merupakan salah satu favorit yang juga menjadi trademark dari dimsum. Rasa lembut dari isian siomay yang berupa daging ayam dan udang cincang membuat makanan ini paling nikmat disantap selagi hangat.

4. Wonton goreng

 Dimsum

Dalam bahasa Indonesia, wonton goreng sama dengan pangsit goreng. Untuk isiannya, wonton goreng menggunakan daging ayam yang dicincang halus dan dibalut dengan kulit pangsit. Makanan ini digoreng hingga renyah sehingga menghasilkan citarasa crispy saat memakannya.

5. Lumpia kulit tahu

 Dimsum

Menu dimsum Anda tidak akan lengkap apabila tidak ditambahkan lumpia kulit tahu ke dalamnya. Makanan ini masuk dalam kategori dimsum goreng. Daging udang yang dicincang halus dan telah dibumbui dibungkus ke dalam kulit tahu. Makanan ini kemudian digoreng renyah, dan paling enak disantap saat panas.

6. Bakpao

 Dimsum

Beberapa orang tidak akan begitu kenyang apabila tidak ada asupan karbohidrat dalam makanannya. Oleh sebab itu bakpau menjadi salah satu bagian dari keluarga dimsum. Bakpao merupakan roti dengan aneka isian di dalamnya. Biasanya orang Chinnese menggunakan isian kacang merah atau daging ayam yang dimasak dengan bumbu merah.

7. Ceker ayam

 Dimsum

Makanan ini menjadi salah satu makanan favorit dalam dimsum. Ceker ayam dibumbui dengan saus merah yang kaya akan rasa. Setelah semuanya meresap, ceker ayam ini dikukus agar semakin lembut dan mudah untuk dimakan.

8. Bebek panggang

 Dimsum

Menu ini adalah pelengkap dalam sajian dimsum. Beberapa restoran yang menyajikan dimsum biasanya menyediakan menu bebek atau ayam panggang sebagai lauk pelengkapnya. Citarasa gurih daging bebek ditambah dengan aneka saus yang bebas Anda pilih membuat santap dimsum Anda menjadi semakin nikmat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini