nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Foto Gunung Rinjani Bersorban Putih, Indah Banget!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 17 Juli 2019 16:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 17 406 2080117 viral-foto-gunung-rinjani-beserban-putih-indah-banget-0sZnQdw3Is.jpg Gunung Rinjani Beserban putih (Foto: Twitter)

FENOMENA alam kerap membuat kita berdecak kagum. Masih ingat peristiwa di mana hujan lokal terjadi di Binjai atau muncul dua pelangi di langit Surabaya? Momen seperti itu mungkin tidak akan perah terjadi dua kali. Begitu juga yang belum lama ini terjadi pada Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Gunung Rinjani secara mendadak di kelilingi awan putih pekat bagian atasnya. Ya, awan ini seperti melindungi gunung tersebut dan fenomena ini tampak sangat indah dan tentunya langka. Salah satu netizen yang membagikan foto fenomena ini ialah akun Twitter @suryadelalu. Netizen ini membagikan dua foto penampakan Gunung Rinjani dengan awan putih di bagian atasnya.

Dalam postingannya, netizen ini menyatakan kalau awan tersebut seperti sorban putih yang melindungi Gunung Rinjani. "Rinjani besurban putih (eyes love)" tulisnya pada postingan tersebut.

Gunung Rinjani Beserban

Foto tersebut kemudian menyebar di media sosial. Sampai berita ini dimuat di Okezone, sudah ada 1,5 ribu netizen yang menyukai penampakan langka yang satu ini. Sementara itu, terpantau ada 924 netizen membagikan ulang postingan Miqade di Twitter.

Di postingan lain, Miqade membagikan sebuah video mengenai fenomena langka ini. Video berdurasi 18 detik ini memerlihatkan bagaimana Gunung Rinjani itu benar-benar diselimuti oleh awan putih pekat tersebut. Video ini sudah ditonton sebanyak 3,7 ribu kali di Twitter.

Beberapa netizen pun coba memberikan komentarnya terkait fenomena itu. Salah satunya seperti yang dicuitkan @kafiradikal, "Indah dipandang tapi mengerikan ketika didaki. Jika awannya seperti itu, ustadz. Badai hebat itu. Tenda bisa terbang," katanya.

Saat Miqade menyebut kalau itu adalah Gunung Rinjani bersorban putih, netizen ini punya nama sendiri untuk fenomena tersebut. Adalah Rinjani berkopiah putih. Seperti yang dikatakan @ttukangcilok.

Sementara itu, ada netizen yang menuliskan doa ketika melihat fenomena langka ini. "Rabbana ma kholaqta hadza bathilaa Subhanaka faqiina 'adzabannaar," tulis @darman_bejo.

Bahkan, ada juga netizen yang memertanyakan apakah itu awan gempa. Namun, netizen @drczombos pun berharap itu hanya isu. "Semoga saja tidak. Semoga saja hanya fenomena alam yang untuk dibanggakan keindahannya dan kebesaran-Nya. Amin," tulisnya.

Di lain sisi, beberapa sumber menjelaskan kalau fenomena ini berlangsung sejak pukul 07.00 hingga 09.00 WITA. Sumber juga menjelaskan kalau warna dan ketebalan dari "surban" tersebut berganti-ganti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini