nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lupakan Berfoto, Begini 6 Cara Mudah Tertidur di Pesawat

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 17 Juli 2019 18:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 17 406 2080207 lupakan-berfoto-begini-6-cara-mudah-tertidur-di-pesawat-UXANlE8fsF.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Beristirahat dengan mengambil waktu tidur sesaat selama dalam perjalanan udara dapat membantu kita untuk lebih fokus, awas, dan rehat. Tapi untuk sebagian orang, tidur selama di pesawat bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan.

Nah, daripada bingung, ada baiknya untuk membaca terlebih dahulu ulasan singkat enam tips agar mudah tertidur di dalam pesawat, sebagaimana dikutip dari Lifehacker, Rabu (17/7/2019)

1. Posisikan tubuh maju ke depan

Banyak orang salah sangka, jika ingin tidur di pesawat yang tepat bukanlah memposisikan tubuh bersandar ke belakang. Tapi sebaliknya, posisikan tubuh condong ke depan ke arah meja baki (tray table) terutama jika Anda duduk di kursi tengah. Condongkan tubuh maju ke depan, lalu tidurlah dengan posisi seperti saat mencuri waktu tidur siang di sekolah. Dengan cara ini, diri jadi lebih nyaman dan lebih cepat tertidur.

 Di pesawat

2. Konsumsi melatonin

Walau sedikit kontroversial, mengonsumsi melatonin adalah trik lama untuk membantu me-reset jam tubuh saat menempuh perjalanan udara dengan waktu lama. Mengonsumsi melatonin, terutama gummies dapat membantu agar jatuh tertidur tanpa harus merasa seperti habis meminum obat ketika terbangun. Well, mengonsumsi melatonin ini kembali lagi adalah pilihan masing-masing individu. Sebaiknya memang sudah mengetahui dulu apa yang berhasil untuk diri Anda.

 

3. Membawa objek barang yang familiar

Tentu sulit membuat ruang kursi di pesawat senyaman kamar tidur sendiri di rumah. Tapi ada triknya kok! Caranya ialah dengan mengelilingi diri dengan objek atau barang yang familiar, diambil dari kamar tidur Anda di rumah. Misalnya bantal kecil, atau boneka kecil kesayangan yang memang biasa sehari-hari dapat membantu kita cepat tertidur dan nyenyak.

4. Hindari konsumsi kafein sebelum terbang

Minum kopi sebelum terbang memang menggoda, terutama untuk jadwal penerbangan pagi. Tapi sebaiknya Anda menahan diri untuk tidak mengonsumsi kafein. Hindarilah konsumsi kafein, tiga hingga empat jam sebelum naik pesawat. Alih-alih minum kopi, lebih baik hidrasi tubuh dengan mengonsumsi air mineral atau teh herbal.

5. Kenakan pakaian yang nyaman

Bukan, bukan disarankan memakai piyama. Tapi setidaknya ada perbedaan yang nyata di antara pemakaian jeans ketat dengan celana berbahan katun yang nyaman dan “bernafas”. Saat terbang, disarankan untuk mengenakan setelan pakaian yang longgar dan berbahan nyaman. Sebisa mungkin mendekati nyamannya baju tidur. Selain itu, buatlah pakaian yang dipakai sehangat mungkin. Maka dari itu jangan lupa bawa jaket atau sweater ya!

6. Pakai masker mata

Pencahayaan di dalam pesawat biasanya cukup terang. Bahkan walaupun ketika lampu dipadamkan saat penerbangan malam, tapi tetap saja ada cahaya biru (blue hue illuminating) di bagian lantai dan kamar mandi. Belum lagi sinar dari layar di masing-masing kursi penumpang.

Menurut Denise Gassner, Ph.D., seorang sleep educator, hal ini dapat membuat otak sulit mendapatkan sinyal molekural yang memberi sinyal bahwa ini adalah waktunya untuk tidur. Maka dari itu, salah satu trik terbaik mengatasinya ialah dengan menggunakan eye mask atau masker mata untuk menstimulasi gelap, di mana gelap ini dapat memberikan sinyal kepada otak untuk melepaskan melatonin dan sinyal yang diikuti waktu tidur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini