nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tutorial Bikin Tas Cantik dari Sampah Plastik

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 18 Juli 2019 22:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 18 194 2080696 tutorial-bikin-tas-cantik-dari-sampah-plastik-22iZ3zPFyv.jpg Tas cantik dari sampah plastik (Foto: Instagram)

SAMPAH plastik memang tengah menjadi perhatian dunia. Pasalnya material yang satu ini sulit terurai dan membutuhkan waktu hingga ratusan tahun lamanya. Tak hanya itu, sampah plastik ini juga kerap mencemari laut dan merusak ekosistem.

Dunia pun telah digemparkan dengan beberapa hewan laut seperti paus, penyu dan lain sebagainya yang mati karena menelan sampah plastik. Selain itu beberapa spesies hewan darat maupun yang ada di udara pun turut menjadi kekejaman sampah plastik tersebut.

Oleh sebab itu, saat ini beberapa negara sudah menghilangkan kebiasaan penggunaan plastik dalam kehidupan mereka. Begitupun halnya dengan Indonesia yang sudah mengurangi penggunaan sedotan dan kantong plastik ketika berbelanja.

Alhasil saat ini cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi jumlah sampah plastik adalah dengan 3R yakni, Reuse, Recycle dan Reduce. Meski demikian, dalam kenyataannya proses recycle masih belum bisa berjalan dengan baik.

Alhasil sebuah komunitas yang menamakan dirinya Kertabumi yang berfokus pada pengelolaan sampah berusaha untuk menanamkan kebiasaan agar masyaralat bisa menyulap sampah menjadi barang yang memiliki nilai guna.

Tas cantik

Berbagai macam benda berhasil dibuat oleh Kertabumi, mulai dari tas, totebag hingga dompet. Semuanya menggunakan sampah plastik yang Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Kali ini Kertabumi mengajarkan sedikit cara membuat tas kecil menggunakan kantong plastik bekas. Penasaran? Berikut langkah-langkahnya.

Bahan Baku:

Kantong plastik besar (warna bebas)

Tali

Peralatan:

Setrika

Kertas roti

Seal press

Gunting

Cara Membuat:

 Sampah plastik

1. Potong plastik dan buang bagian paling atas dan bagian terbawahnya. Pastikan potongan Anda rapi hingga kantong plastik berbentuk persegi. Anda bisa memilih sendiri ukuran tas yang ingin Anda buat. Jika ukurannya kecil, maka satu kantong plastik besar bisa disulap menjadi dua hingga tiga buah tas kecil.

Pengolahan sampah plastik

2. Letakan plastik yang telah dipotong di atas meja, dan tutup dengan kertas roti kemudian setrika secara perlahan-lahan. Cara menyetrikanya pun harus hati-hati dan tidak terlalu lama, untuk menghindari sobek dan meleleh. Setrika hingga plastik berubah menjadi lebih padat dan memiliki motif kulit jeruk.

 Sampah plastik

3. Setelah proses menyetrika selesai, maka langkah selanjutnya adalah merapatkan bagian bawah plastik menggunakan seal press. Bila tidak ada seal press maka Anda juga bisa menggantinya dengan dijahit. Sisakan sedikit ruang untuk memasukkan tali ke dalamnya.

 Tas cantik

4. Setelah semuanya terpasang dengan rapih, maka tas daur ulang cantik siap digunakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini