nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Pesan Makanan Lewat Ojek Online Bisa Picu Kanker?

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 18 Juli 2019 21:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 18 481 2080680 sering-pesan-makanan-lewat-ojek-online-bisa-picu-kanker-3z05fmeOOh.jpg Pesan makanan online (Foto: Filthy Lucre)

ANGKA obesitas pada anak dan orang dewasa di Indonesia hingga saat ini bisa dikatakan masih cukup tinggi. Salah satu pemicunya mungkin gaya hidup yang serba mudah seperti sekarang. Contoh, untuk pergi ke suatu tempat bahkan yang jaraknya terbilang dekat sekali pun orang terbiasa mengandalkan aplikasi ojek online. Sama halnya ketika mereka hendak memesan makanan.

Ya, sekarang ini memang layanan ojek online sudah dilengkapi dengan fitur pemesanan makanan. Tak sedikit yang lebih memilih pesan makanan lewat aplikasi dibanding langsung datang ke restoran. Hal itu membuat orang menjadi semakin malas bergerak. Ditambah terkadang ada promo di aplikasi ojek online untuk makanan atau minuman tinggi kalori sehingga membuat orang tertarik.

Kombinasi malas bergerak dan konsumsi tinggi kalori membuat peluang obesitas semakin besar. Jika kebiasaan ini sudah berlangsung sejak anak kecil, maka tidak menutup kemungkinan ketika dewasa mereka terkena penyakit berbahaya. Salah satunya adalah kanker.

Pesan makan online

Dijelaskan oleh dokter spesialis anak dan konselor laktasi, dr Yovita Ananta, Sp.A, MHSM, IBLCC, obesitas termasuk pada anak dapat memberikan banyak efek negatif pada tubuh. Contohnya perubahan massa otot dan pembuluh darah, gangguan metabolisme, serta kerusakan jaringan tubuh. Kondisi-kondisi itu dapat memicu terjadinya kanker.

“Kanker itu penyebabnya multifaktorial. Anak-anak obesitas metabolismenya sudah enggak benar, akhirnya bisa menyebabkan faktor-faktor pemicu kanker,” terang dr Yovita sewaktu ditemui Okezone dalam sebuah acara, Kamis (18/7/2019) di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Ditambahkan olehnya, kanker yang paling sering muncul pada orang obesitas adalah kanker kolon atau kanker usus besar. Hal ini dikarenakan ada hubungannya dengan saluran pencernaan. Kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat dapat merusak sistem di saluran cerna.

Tidak menutup kemungkinan seringnya memesan makanan tidak sehat di aplikasi ojek online karena kebetulan ada promo dapat berkontribusi terhadap kanker.

“Anak yang mengalami obesitas biasanya memang mengonsumsi makanan tinggi lemak dan tinggi gula. Itu ‘kan bukan makanan sehat sehingga bisa merusak saluran pencernaan,” papar dr Yovita.

Tapi di sisi lain, jika anak sedari kecil sudah dibiasakan makan sehat dimana nutrisinya seimbang dan sering melakukan aktivitas fisik, maka tubuhnya akan terhindar dari obesitas. Dengan demikian, peluangnya terkena kanker kolon semakin kecil. Bahkan meskipun mereka memiliki kebiasaan untuk memesan makanan lewat aplikasi ojek online.

“Kalau mereka sudah terbiasa mengonsumsi makanan sehat, maka mungkin makanan yang dipesan lewat aplikasi adalah makanan sehat. Jadi baik juga untuk dikonsumsi,” tutup dr Yovita.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini