nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebo Bule Pusaka Keraton Solo Lahirkan Anak Betina

Bramantyo, Jurnalis · Kamis 18 Juli 2019 16:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 18 612 2080618 kebo-bule-pusaka-keraton-solo-lahirkan-anak-betina-aLr00Eh0Sx.jpg Kebo Bule Pusaka Keraton Solo (Foto: Bramantyo/Okezone)

SOLO - Pusaka milik Keraton Kasunanan Surakarta, Kebo Bule, yang dipercaya sebagai keturunan Kiai Slamet, bertambah, setelah lahir anak kerbau baru berjenis kelamin betina. Dengan bertambahnya satu anggota baru, kebo peliharaan Keraton Kasunanan berjumlah 19 ekor.

Saat Okezone bertandang ke kandang Kebo Bule, terlihat pengelola Alun-Alun Selatan dan Kerbau yang ditunjuk Lembaga Dewan Adat Kraton Kasunanan KRMH Aditya Soerya Herbanu, tengah mengecek kondisi salah satu kerbau yang diberi nama Nyai Paing yang baru melahirkan.

Koleksi kebo bule keraton solo bertambah

"Lahir dikandang, pada Selasa 16 Juli 2019 sekira pukul 12.00 WIB,. Dan anak kerbau yang baru dilahirkan Nyai Paing berjenis kelamin perempuan ini adalah kerbau ke 19,"papar pria yang akrab di sapa Herbanu, pada Okezone.

Menurut Herbanu, setelah proses kelahiran kebo bule akan digelar tasyakuran. Tasyakuran akan dilakukan setelah 5 hari atau dalam istilah Jawa, sepasaran, dengan menggelar bancakan nasi sayur plus urap dan jajan pasar.

Dalam acara tersebut sekaligus dibarengi dengan pemberian nama. "Yang memberi nama adalah Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Wandansari," terangnya.

Sebelumnya di bulan Mei, dua bayi kerbau bule juga lahir berjenis kelamin betina dan jantan hanya selisih lima hari. Bernama Nyai Jumi dan kyai Boi.

Nyai Jumi lahir terlebih dahulu dan saat upacara sepasaran (lima hari) Kyai Boi lahir. Pemberian nama dilakukan melalui sebuah syukuran atau selamatan dan doa yang dipimpin seorang ulama dari keraton.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini