nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Tips Jika Ingin Sampaikan ke Calon Pacar Anda Pernah Bercerai

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Jum'at 19 Juli 2019 13:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 19 196 2080947 3-tips-jika-ingin-sampaikan-ke-calon-pacar-anda-pernah-bercerai-hfIOGGlbOk.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TIDAK setiap orang bisa jujur kepada pasangannya, apalagi jika dia mengalami masa lalu yang tidak menyenangkan seperti perceraian. Bukan tidak mungkin mereka yang mengalaminya, akan sulit jujur kepada pasangan barunya.

Kebanyakan orang khawatir dengan reaksi pasangan baru mereka begitu mengetahui fakta tersebut. Akan tetapi, jika tidak dicoba, bagaimana Anda tahu respons mereka terhadap kenyataan yang tak bisa diubah itu? Lantas, bagaimana tipsnya untuk memberi tahu pasangan?

Berkencan setelah bercerai adalah sebuah langkah untuk meninggalkan kehidupan lama menuju hal yang baru. Oleh karena itu, keputusan ini termasuk cukup besar. Walaupun awalnya merasa was-was, lama kelamaan Anda akan terbiasa.

 Walaupun awalnya merasa was-was, lama kelamaan Anda akan terbiasa.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan kalau status Anda yang pernah bercerai ini dapat mengganjal hubungan baru Anda. Maka itu, Anda harus siap patah hati dan berani bangkit kembali bila pasangan baru Anda menolak status Anda.

Bukankah pasangan yang akan hidup bersama harus mengetahui segala baik buruknya masing-masing dan terbuka satu sama lain?

Nah, agar tidak berlarut-larut dalam kekhawatiran, ini dia beberapa tips agar Anda dapat jujur kepada pasangan bahwa Anda pernah bercerai.

1. Katakan sejujurnya
ini dia beberapa tips agar Anda dapat jujur kepada pasangan bahwa Anda pernah bercerai.

Jika Anda sudah menyelesaikan proses perceraian, terbuka kepada pasangan adalah langkah yang cukup bijak. Meski begitu, Anda tak perlu terburu-buru.

Anda bisa saja jujur sejak melakukan kencan pertama bahwa Anda pernah bercerai, tetapi tak perlu menumpahkan semuanya saat itu juga. Anda juga dapat terlebih dulu melihat situasi sebelum memberi tahu bahwa Anda sudah bercerai. Apakah itu saat yang tepat?

Seperti dilansir dari American Psychological Association, komunikasi adalah salah satu kunci dari hubungan yang sehat. Jika Anda menyembunyikan sesuatu hal penting dalam waktu lama, ketika saatnya hal itu terbongkar, justru akan membahayakan kebahagiaan hubungan Anda.

2. Tidak terlalu sering membicarakan masa lalu

Masa lalu di sini maksudnya adalah perceraian Anda. Biasanya, percakapan tentang perceraian akan membuat suasana menjadi canggung. Meskipun demikian, menghindarinya bukanlah hal bijaksana. Menjawab seperlunya adalah salah satu strategi ketika berusaha jujur kepada pasangan bahwa Anda pernah bercerai.

Jika pasangan Anda mungkin bertanya tentang hal itu, jawablah apa yang memang ingin dia ketahui. Tak perlu terus-menerus membicarakannya, apalagi ketika ia tidak meminta.

Berikut ini beberapa topik yang mungkin dapat Anda hindari saat berbicara mengenai perceraian Anda. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa topik sensitif ini tetap harus diangkat jika Anda menjalin hubungan yang lebih serius. Contohnya, jika Anda telah memiliki anak dari pernikahan terdahulu, penting untuk membicarakan soal kesepakatan tunjangan anak.

Hal tersebut bertujuan agar hubungan baru yang Anda jalani lebih transparan dan pasangan Anda saat ini tahu bahwa mantan pasangan Anda pun ikut bertanggung jawab dalam keuangan.

3. Jangan terlalu berharap

Salah satu risiko yang dapat timbul saat jujur kepada pasangan baru bahwa Anda pernah bercerai adalah ia tak lagi ingin melanjutkan hubungan ini.

Itu sebabnya, siapkan hati Anda bahwa ada kemungkinan mereka akan mengakhiri hubungan karena alasan tersebut. Tidak terlalu berharap adalah salah satu upaya mempersiapkan diri terhadap hal terburuk. Jika Anda berdua berhasil melewati fase ini, kemungkinan besar hubungan tersebut akan berjalan lancar.

Jika Anda berdua berhasil melewati fase ini, kemungkinan besar hubungan tersebut akan berjalan lancar.

Jujur kepada pasangan baru bahwa Anda pernah bercerai adalah sebuah kewajiban. Akan tetapi, memilih situasi yang tepat dan cara menyampaikannya juga tak boleh sembarangan.

Maka itu, Anda tetap harus hati-hati ketika mengangkat topik perceraian di hadapan pasangan baru Anda. Perhatikan suasana hatinya dan apakah momennya sudah tepat atau belum.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini