nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kanker Prostat, Penyakit Ganas yang Renggut Nyawa Arswendo Atmowiloto

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 19 Juli 2019 18:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 19 481 2081138 kanker-prostat-penyakit-ganas-yang-renggut-nyawa-arswendo-atmowiloto-uUDZDak9yC.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENCIPTA serial film "Keluarga Cemara" yang booming di era 1990-an, Arswendo Atmowiloto tutup usia. Serangan kanker prostat pelan-pelan merenggut nyawanya, yang begitu menyeramkan.

Banyak pemicu timbulnya penyakit kanker prostat yang dihadapi mendiang Arswendo Atmowiloto. Terutama karena faktor gaya hidupnya yang "berantakan" sejak muda.

Dilansir Okezone dari Medicalnewstoday, Jumat (19/7/2019), kebiasaan merokok hingga konsumsi tinggi minuman beralkohol, menjadi penyebab umum terjadinya kanker prostat. Kaum lelaki sangat rentan menderita penyakit ganas ini.

Umumnya, sebelum divonis positif kanker prostat, pasien merasakan keluhan infeksi di daerah prostat, yang ditandai dengan sulitnya berkemih, urin berbusa, nyeri tulang, hingga masalah ereksi.

Ditambah lagi dengan keluhan sering sakit di punggung bagian bawah, pinggang, atau paha bagian atas.

Ditambah lagi dengan keluhan sering sakit di punggung bagian bawah, pinggang, atau paha bagian atas. Sementara itu, bagian biasanya menjadi penyebaran kanker prostat adalah punggung bagian bawah, pelvis dan pinggang.

Mulanya pasien mengalami gangguan infeksi dengan diawali pembengkakan prostat yang tak wajar. Di sela itu, pasien mengalami penurunan berat badan yang drastis.

Untuk memastikan ketepatan kanker prostat, dokter akan melakukan sejumlah tes kesehatan. Mulai dari cek urin, hingga mengatasi keluhan-keluhan yang dialami.

Mengenal kanker prostat yang renggut nyawa Arswendo.

Menurut data WHO, kanker prostat adalah kasus kanker paling umum urutan kedua pada pria. Diperkirakan sekira 1,1 juta pria di seluruh dunia didiagnosis menderita kanker prostat dan terdapat 307 ribu kasus kematian pada tahun 2012.

Di Indonesia sendiri, kanker prostat menempati urutan ke-5 sebagai jenis kanker terbanyak, dengan jumlah penderita sebesar 971 orang pada tahun 2011. Pria usia 70 hingga 79 tahun merupakan kelompok terbanyak yang menderita penyakit ini.

Maka itu, Anda harus mewaspadainya dengan menjaga pola hidup sehat sejak usia muda. Apalagi buat kaum lelaki, sesegera mungkin jauhi kebiasaan merokok dan minum alkohol.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini