nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta Unik, Ternyata Gigi Tikus Lebih Kuat daripada Besi!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 21 Juli 2019 04:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 19 612 2081030 fakta-unik-ternyata-gigi-tikus-lebih-kuat-daripada-besi-CFkAV4JbGl.jpg Ternyata gigi tikus lebih kuat daripada besi (Foto : Summerlead)

Jika Anda selama ini mengira tikus hanya hewan pengerat yang jorok tanpa punya keunggulan apa-apa, Anda salah besar! Sebab, fakta menjelaskan kalau gigi tikus ternyata lebih kuat dari besi.

Fakta ini bisa dibuktikan dari kebiasaan tikus yang mampu menggerogoti kayu sampai rusak. Padahal, mungkin kayu yang dihancurkan sangat tebal dan berkualitas baik.

Hal tersebut pun dijelaskan dalam laman Steemit, di mana di sana dijelaskan kalau salah satu hewan pengerat dari ordo Rodentia ini sangat kuat dan terbilang kebal juga.

Bahkan, laman tersebut menjelaskan kalau tikus hewan yang tidak mudah mati. Ini dibuktikan dengan fakta saat tikus terjatuh dari bangunan yang sangat tinggi, tubuhnya tidak akan ancur atau cedera. Malah, semuanya baik-baik saja dan tikus bisa kembali berlari menjauh dari lokasi dia terjatuh.

Selain dua fakta itu, tikus juga diketahui tersebar luas dan hampir merata di seluruh dunial. Hal ini berkat kemampuan tubuhnya dalam beradaptasi dengan lingkungan. Sistem kekebalan tubuhnya terbukti luar biasa.

tikus nomaden

Jumlah yang banyak itu membuat tikus dikatakan sebagai kelompok mamalia terbanyak kedua setelah manusia. Kemudian, tikus juga disebut sebagai makhluk yang cerdas dengan tingkat komunikasi kompleks yang baik dalam hal vokal.

Bicara mengenai karakter, tikus adalah hewan penjelajah. Tikus dapat menemukan berbagai cara kreatif untuk masuk melalui celah sempit. Ini juga berkat tubuhnya yang bisa mengikuti bentuk ruang.

Setelah itu, Anda juga mesti tahu kalau kumis tikus itu punya fungsi yang luar biasa penting. Ya, kumis yang biasanya sangat panjang itu dimanfaatkan tikus untuk merasakan perubahan suhu dan merasakan benda yang halus dan kasar.

Tikus juga memiliki keseimbangan sempurna. Ini ditunjukkan dari kebiasaan tikus yang bisa berjalan di sepanjang kawat tipis. Selain cerdas, tikus juga dikatakan sebagai hewan yang pandai, sehingga sulit untuk ditangkap dan jatuh ke dalam perangkap yang dibuat.

Bedanya Gigi Tikus dengan Manusia

Gigi adalah sesuatu yang dimiliki hampir semua binatang, reptil, mamalia, manusia dan makhluk hidup lainnya. Bayangkan seorang dokter gigi membersihkan gigi tikus. Itu hampir mustahil. Gigi tikus jauh lebih kecil daripada manusia. Ukuran bukan satu-satunya perbedaan di antara keduanya dalam hal gigi.

Dijelaskan dalam laman Summer lea Dental, salah satu perbedaan utama antara gigi tikus dan manusia adalah gigi tikus terus tumbuh. Sedangkan manusia dilahirkan dengan seperangkat gigi bayi yang akhirnya hilang.

Ketika manusia kehilangan gigi bayinya, mereka tumbuh menjadi gigi dewasa. Gigi dewasa ini adalah satu-satunya gigi yang dimiliki manusia selamanya.

tikus takut

Selanjutnya, tidak seperti manusia, gigi tikus tidak rontok. Mereka selalu tumbuh. Ini berarti tikus harus melihat gigi mereka turun sehingga mereka tidak terlalu lama. Inilah sebabnya mengapa Anda selalu melihat tikus menggerogoti atau menggigit segalanya. Mereka berusaha mencukur giginya.

Dalam hal jumlah gigi, tikus memiliki dua belas gigi geraham dan empat gigi depan yang tajam. Lebih lanjut, konstruksi rahangnya juga berbeda. Tulang rahang manusia padat. Rahang tikus terpisah. Gigi tikus hanya disatukan oleh sepotong kecil ligamen. Inilah sebabnya mengapa tikus memiliki rahang yang lebih fleksibel.

Rahang tikus juga sangat kuat. Diketahui mampu mengunyah batu bata dan beberapa logam. Kebanyakan manusia tidak mampu melakukan itu.

Mirip dengan manusia, tikus juga omnivora. Ini berarti mereka memiliki gigi yang digunakan untuk alasan yang sama. Tikus memiliki "gigi pipi" yang dikenal sebagai geraham. Geraham ini menyerupai geraham yang sama yang ditemukan di mulut manusia. Tikus memiliki lebih banyak geraham daripada manusia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini