nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Punya Kemampuan Lengkap, Ini 4 Fakta kalau Tikus Hewan yang Cerdas

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Minggu 21 Juli 2019 08:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 20 612 2081378 punya-kemampuan-lengkap-ini-4-fakta-kalau-tikus-hewan-yang-cerdas-DWyUayPpcp.jpg Tikus hewan yang cerdas (Foto: Pinterest)

TIKUS merupakan hewan pengerat yang tinggal di tempat kotor seperti di gudang, atap, bahkan selokan. Tikus merupakan salah satu hewan pembawa sumber pernyakit karena tikus senang sekali berkeliaran di tempat-tempat kumuh yang merupakan sarang penyakit. Hewan ini mampu menularkan penyakit melalui gigitan, kutu, maupun air kencingnya.

Namun percaya atau tidak, tikus merupakan salah satu hewan memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi loh. Alumni Departemen Proteksi Tanaman IPB, Ferri Stya Budi, akan menjelaskan mengenai beberapa kecerdasan hewan pengerat satu ini.

 Tikus

1. Tikus memiliki kemampuan yang lengkap

Ferri mengatakan bahwa tikus merupakan hewan yang cerdas karena memiliki banyak kemampuan. Dia bisa menggali, berenang, melompat dan bahkan memanjat pohon sekaligus.

Mereka cukup lihai dan cerdas menemukan setiap titik untuk masuk ke dalam bangunan saat mencari tempat berteduh serta menemukan sumber makanan dan berkembang biak di dalam bangunan. Bahkan tikus got atau brown rats dapat melompat secara vertikal lebih dari 77 cm dan 120 cm secara horizontal loh.

"Pertama, tikus mempunyai banyak kemampuan yang lengkap. Dia bisa menggali, berenang, melompat dan memanjat pohon," ujar Ferri Stya Budi kepada Okezone, Jumat (19/07/2019).

 Tikus

2. Mudah beradaptasi


Selain itu Ferri mengatakan bahwa tikus merupakan hewan sosial yang mudah beradaptasi. Tikus berkomunikasi dengan tikus lainnya di dalam lingkungan yang sama dengan menggunakan urin mereka atau yang disebut urine making.

Mereka akan keluar dari jalan mereka untuk buang air kecil pada hal-hal yang mereka lalui. Teknik komunikasi tikus ini berfungsi sebagai cara mereka menandai wilayah mereka kepada tikus-tikus lainnya di dalam suatu kelompok. Cara ini juga berfungsi untuk mengarahkan tikus lainnya ke sumber makanan yang tersedia.

3. Hewan yang selalu waspada

"Dia dikategorikan sebagai hewan neophobia yang artinya dia sangat berhati hati ketika menemukan sesuatu hal yg baru bahkan cenderung takut. Pokoknya dia hewan yang selalu waspada," ucap Ferri.

Secara natural, tikus mampu mempelajari situasi lingkungannya dengan cepat dan sangat mudah curiga apabila terdapat perubahan yang terjadi di lingkungannya. Salah satunya adalah kecurigaan mereka terhadap kemunculan perangkap tikus yang Anda letakkan pada lingkungan yang biasa mereka lewati.

Oleh karena itu, bukan tidak mungkin apabila perangkap yang dipasang untuk menangkap tikus di rumah tidak akan membuahkan hasil yang instan dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menangkap mereka.

 Tikus

4. Indra penciuman yang tajam


Tikus memanfaatkan indra penciumannya yang tajam untuk mendeteksi makanan yang tersedia di sekitarnya dan juga mengenali keberadaan tikus lainnya. Ini adalah alasan mengapa tikus umumnya takut pada bau manusia.

"Indra penciuman dan perasa dari kumisnya mampu menjadi pelengkap walau mata mereka rabun," ucap Ferri.

Pastikan ketika meletakkan perangkap tikus tidak dengan tangan telanjang. Sangat disarankan untuk mengenakan sarung tangan saat menyiapkan perangkap dan umpan tikus. Karena mereka akan segera menjauh ketika mencium aroma manusia pada perangkap dan umpan yang sudah siapkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini