nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rekomendasi Tempat Santap Hidangan Khas Sunda Bersama Keluarga di Akhir Pekan

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Minggu 21 Juli 2019 14:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 21 298 2081678 rekomendasi-tempat-santap-hidangan-khas-sunda-bersama-keluarga-di-akhir-pekan-47WEYZCVnP.jpg Restoran Sunda Ceu Kokom (Foto: Utami Riyani/Okezone)

Menyantap nasi liwet yang ditata memanjang di atas daun pisang kembali hadir menjadi tren tiga tahun belakangan. Nasi liwet sendiri merupakan salah satu hidangan khas Sunda yang penggemarnya ada di mana-mana.

Selain nasi liwet, hidangan khas Sunda lainnya yang tak kalah diminati adalah nasi bakar, nasi tutug oncom, hingga pepes ikan peda. Jika Anda tiba-tiba ingin menyantap makanan tersebut, tak perlu jauh-jauh pergi ke Bandung. Di Jakarta, salah satu restoran yang menyediakan menu tersebut adalah Eceu Kokom.

 Restoran Sunda

Berlokasi di Bendungan Hilir, Jakarta Selatan, restoran Eceu Kokom juga kerap disambangi para selebriti yang rindu masakan Sunda. Sebut saja Nia Daniaty, Melly Goeslow, hingga Ruth Sahanaya.

 Restoran Sunda

Beberapa menu yang disediakan di sini antara lain nasi liwet, nasi bakar, nasi jeruk, nasi kecombrang, nasi tutug oncom, nasi tutug tempe, balakutak atau cumi hitam, semur jengkol, hingga minuman unik seperti es kaculuk yang merupakan campuran dari kelapa, cangkaleng, dan jeruk.

"Awalnya menu spesialnya adalah nasi bakar, tapi semakin ke sini yang jadi favorit adalah nasi liwetnya," ujar Inul, PR Eceu Kokom saat ditemui Okezone di lokasi.

 Restoran Sunda

Inul menambahkan, beberapa menu spesial di sini dimasak dengan resep yang unik dan bahannya didatangkan langsung dari Bandung demi mendapatkan rasa yang otentik.

"Untuk nasi tutug oncom, oncomnya selalu dari Bandung. Beda warna dan bentuknya seperti oncom di Jakarta, aromanya pun beda," lanjut Inul.

 Restoran Sunda

Sementara untuk nasi bakar, menunya dilengkapi dengan ikan jambal cabe ijo, dan teri medan yang bisa diganti dengan ayam atau daging. Beda lagi dengan nasi jeruk yang rasanya lebih wangi karena adanya campuran potongan daun jeruk dan ikan teri. Sementara nasi kecombrang dibuat menggunakan campuran kecombrang, cabai, dan ikan teri. Untuk menyantap di restoran ini Anda harus merogoh kocek mulai Rp17 ribu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini